Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Wagub Klemen Launching Ekspor Karaka ke Malaysia

Timika, TabukaNews. com - Pemerintah Provinsi Papua memberi stimulus dana ke Pemkab Mimika sebesar Rp 5 miliar untuk pengembangan hasil dan potensi laut Mimika agar dapat bernilai ekspor.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.MM saat melauching pengiriman kepiting (karaka) ke Malaysia, Senin (29/3) meminta Pemkab Mimika terus mengembangkan warga pesisir agar lebih bersemangat menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi ekspor.

“Kalau sekarang karaka besok atau lusa harus pindahkan ke yang lain. Warga tidak hanya jadi tukang tangkap karaka, tapi kedepan dibina jadi pengusaha agar bisa kirim karaka dan ikan ke luar negeri,” kata Klemen.

Wagub Papua itu mengatakan bangga dengan prestasi Pemkab Mimika meski disaat sulit seperti ini masih bisa memfasilitasi pengusaha mengekspor karaka ke Malaysia dengan Garuda Indonesia.

“Pemprov Papua kasih stimulus ke Pemkab agar lebih semangat bina masyarakat pesisir dan pegunungan agar mereka bisa tekun belajar berusaha dan bisa kirim hasil bumi mereka kemana-mana,” ujarnya.

Dikatakan, jika di Jayapura warga mengolah sagu menjadi beras, dan hal ini perlu dikembangkan berskala besar.

“Beras karbohidrat tinggi sekali, kalau tidak ada solusinya sagu. Hal yang sederhana ini bisa dikembangkan di Papua dan tidak butuh orang pintar dan teori banyak tapi yang sederhana yang bisa diolah sehingga bisa dinikmati masyarakat,” ujarnya.

Wagub Klemen yakin di Timika ada banyak orang pintar. Wakil bupati dan Sekda bersama staf diharapkan bisa membangkitkan ekonomi yang saat ini sedang terpuruk.

“Di Papua masih baik, tapi daerah lain jauh lebih susah dengan adanya pandemi ini,” ungkapnya.

Sementara Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan sebetulnya Timika mengekspor sejak tahun 2016 lalu tapi terhenti karena urusan karantina, bea cukai dan lain-lain.

Pada tahun 2019 Timika kembali mengekspor, dan awal tahun 2021 Pemkab melaunching dengan mengundang Wakil Gubernur agar bisa memberi dukungan sehingga hal ini tidak terputus.

Wagub sebagai anak Mimika diharapkan terus mendorong Pemkab Mimika, pengusaha dan warga agar tetap bersemangat dengan usaha ini Produksi terus ditingkatkan dan ekspor juga terus ditingkatkan.Terima kasih kepada Wagub yang telah memberi bantuan stimulan dana sebesar Rp 5 miliar untuk menggerakkan potensi di wilayah ini. Kedepan diharapkan dukungan dari Bank Indonesia, OJK, dan perbankan di Timika terhadap potensi usaha di wilayah pesisir dan pegunungan. Juga dari Bea Cukai dan Karantina agar hasil laut dari Mimika bisa tembus pasar dunia,” harap Wabup JR.

Kepala Bank Indonesia wilayah Papua, Sinaga, mengatakan ekspor Papua cukup tinggi. Kali ini di Timika dengan produk ekspor kepiting menggunakan Garuda Indonesia melalui Jakarta.

“Sebentar malam jam sembilan kepiting ini sudah tiba di Malaysia,” pungkasnya.

Selain itu juga untuk pasar ikan terbuka untuk Jepang terlebih ikan tuna. Rencananya, Garuda akan membuka rute Manado Narita (Jepang).

“Jadi potensi tuna di perairan Indonesia Timur termasuk di Papua sangat besar. Pemprov dan Pemkab Mimika dapat memanfaatkan kesempatan ini agar menjadi potensi andalan kedepan,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara ini Sekda Mimika Michael Gomar, Kadisperindag Provinsi.Papua Ir Omah Laduane Ladamai, MSi, beberapa pejabat provinsi, serta para pimpinan OPD lingkup Pemda Mimika. (Dezy)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika