Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Wabup Mimika Minta Warga Awasi Penyaluran Bantaun Sembako

 

Timika, TabukaNews.com – Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob meminta kepada warga masyarakat untuk membantu mengawasi penyaluran bahan pokok baik tingkat keluharan hingga RT agar bantuan tersebut tepat sasaran dan tidak pilih kasih.

“Supaya semua dapat dan tersalurkan dengan baik maka dalam pendistribusian nanti harus betul-betul kepada mereka yang sangat membutuhkan. Yang tidak terdaftar di PKH, dapat BLT Dana Desa. Yang tidak dapat PKH dan BLT kita akomodir lewat pembagian sembako. Tidak boleh ada yang dapat double. Ini semua kita jalankan sesuai prosedural sehingga jangan sampai ada kecemburuan diantara masyarakat. Jadi yang belum dapat harap bersabar dan percayakan sepenuhnya kepada pemerintah,” ungkap Wabup Mimika Johannes Rettob, Senin (20/4). 

Wabup menjelaskan, dalam masa pendemi Covid-19 ini ada tiga bentuk bantuan yang di berikan pemerintah termasuk pemerintah pusat.

Pemda Mimika memberikan bantuan lewat sembako dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dinas terkait itu dua bantuan yang terpisah, sementara bantuan dari pusat melalui Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Hanya saja PKH ini sudah berjalan rutin tiap bulan dan penerimanya hanya oleh mereka yang terdaftar.

Sehingga, untuk PKH disalurkan melalui Warung Gotong Royong (e-Warong). Untuk Mimika sudah disalurkan bahkan sudah melebihi 30 ton. Masyarakat penerima PKH pun sudah memahami bentuk penyalurannya.

“Untuk Mimika ada sekitar 29 ribuan kepala keluarga yang menerima PKH dari kemensos. Sehingga apabila warga dikelutrahan yang belum terima bantuan PKH berarti kerja lurah dan RT dipertanyakan?, ,” ujarnya.

Wabup menambahkan, seharusnya jumlah penerima PKH untuk Mimika lebih dari pada jumlah peneriman saat ini. Hal ini dikarenakan kurang adanya kerjasama yang baik antara ketua RT, kepala kampung, kelurahan serta kepala distrik dengan dinas sosial dan dispencapil Mimika terkait data warga.

Wabup John mengatakan, guna membackup ekonomi masyarakat di musim corona, Pemda Mimika melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung juga menyediakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga Mimika untuk jangka waktu 3 bulan. Besaran per bulan untuk tiap kepala keluarga Rp600 ribu. Bantuan tersebut sedang diproses OPD terkait dan dalam waku dekat disalurkan ke masyarakat.

Wabup juga menyampaikan terima kasih kepada individu, komunitas, relawan, kelompok pemerhati dan organisasi kepemudaan, kemasyarakatan serta kategorial lainnya juga memberikan bantuan warga.

 

“Kita berterimakasih atas kepedulian mereka melihat masalah ini sebagai masalah kita bersama sehingga bahu-membahu membantu masyarakat. Dan sudah jelas pasti tidak semua masyarakat dapat. Mungkin juga di tempat lain seperti itu. Tapi hal semacam ini harusnya dipantau kelurahan supaya bisa dijelaskan baik-baik kepada RT mereka,” terangnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika