Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Tingkatkan Kualitas Komuditi Lokal Petani Butuh Dukungan Pemda


Timika,TabukaNews.com –  Upaya meningkatkan kualitas komuditi local di timika untuk disalurkan ke perusahan dan penyedia jasa makanan di PT Freeport. Petani butuh dukungan dari pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pertanian.
“Selama ini sayur dan buah yang masuk ke Freeport melalui PSU didatangkan dari luar, itu permainan oknum katanya satur dan buah local di timika burang berkualitas,” ujar Pengepul Komuditi local, Elias Wamang.
Dalam acara panen bersama tanaman Holtikultura jenis melon di lahan 10 Hektar milik Kelompok tani Mandiri binaan Kodim1710 Mimika di Sp4, Senin (4/1/21). menilai, pembinaan kelompok Tani Mandiri oleh Kodim 1710 Mimika sudah terbukti dalam hal kualitas dan kuantitas.
Dari nilai tersebut, kita berharap adanya kerja sama semua pihak termasuk perusahaan PT Freeport Indonesia maupun Pangan Sari Utama utama dapat berpartisipasi.


"Kepada PTFI dan PSU, sudah harus tahu bahwa ada pengusaha Papua di bumi kamoro ini. Persoalan kuantitas dan kualitas sudah terjawab. Mari kita saling kerjasama, membantu mengisi kekurangan," harapnya.
Meski ditengah Pandemi Covid-19, para petani tidak patah semangat terus berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat mimika dengan sayur mayor dan buah buahan di pasar,
Ketua Kelompok Tani Mandiri, Untung kepada jajaran Kodim 1710 Mimika mengungkapkan rasa terima kasih khususnya kepada Babinsa Koptu Jamal yang selalu mendampingi kelompok Tani "Mandiri" mulai dari pengolahan lahan, masa tanam sampai dengan panen serta menjembatani antara kelompok Tani dengan Dinas pertanian dalam pemberian penyuluhan maupun ketersediaan pupuk.
Dari pembinaan itu, pihaknya dapat kembali tersenyum di lahan lantaran tidak perlu khawatir menghadapi persoalan gagal panen dengan kondisi cuaca saat ini.


"Terima kasih. Dengan dukungan ini, para petani bisa tersenyum lagi di awal tahun 2021. Semoga kedepan dapat terus membaik. Banyak suplayer yang bisa bekerja sama. Tentu kami harap juga ada dukungan langsung dari Pemerintah Daerah," ujarnya.
Diketahui,  di Kabupaten Mimika, tanaman jenis Hortikultura mempunyai nilai jual yang bagus dipasaran. Selain itu, tanaman ini dapat memberi manfaat untuk masyarakat dalam menyediakan makanan yang bergizi dan sehat.
“Kendala yang dihadapi para petani saat ini yaikut ketersediaan pupuk itu yang menjadi kendala, lahan kami ini cukup luas membutuhkan pupuk yang banyak namuan saat pembagian sangat kurang sekali.” Ujar pak untung.
 Hal tersebut yang mendorong sebagian besar para petani di Mimika memilih tanaman Holtikultura sebagai tanaman utama diperkebunan dalam sepanjang tahun.


Komandan Kodim 1710 Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya, mengapresiasi para petani yang telah membantu program pemerintah dalam penyediaan kebutuhan masyarakat  terlebih dalam situasi pandemi covid 19 saat ini.
Kendati demikian, pasca panen, kata Dandim, perlu ada tindak lanjut untuk meneruskan hasil panen ke pasaran.
"Ini menjawab kebutuhan pangan kota Timika. Kita sudah melihat hasilnya secara langsung, sangat baik. Namun setelah ini, para petani harus bisa dihubungkan dengan suplayer lokal yang ada," ujarnya.


"Karena setelah diproduksi banyak, siapa yang menampung? Terus dilempar kemana? Tentu ini semua butuh peran dari pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian," ujarnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika