Main Area

pesparawi xiii
Klemen Tinal, Wakil Gubernur Propinsi Papua

Main

Reddy Minta OPD Segera Realisasi Analisa Honorer

Timika,TabukaNews.com - Legislator asal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Reddy Wijaya meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui OPD-OPD nya untuk segere melaksanakan proses analisa kebutuhan tenaga honorernya, agar pemberhentian sementara para tenaga honor di Kabupaten Mimika tidak berlarut-larut dalam waktu yang lama.

Kepada awak media Rabu,(02/06/2021), ia menjelaskan, hal ini untuk mengantisipasi dampak domino kebijakan ini bagi stabilitas ekonomi daerah ini di tengah pandemic Covid-19. Seperti dicontohkannya, para tenaga honor pemerintah yang dicabut SK-nya itu merupakan tulang punggung rumah tangga dalam menghasilkan nafkah bagi keluarga. “Kalau tidak segera dibenahi maka ribuan keluarga terkatung-katung nasibnya,” ungkapnya

Reddy Wijaya meminta dalam menentukan dan mengangkat kembali tenaga honorer, OPD Pemkab Mimika harus bersifat objektif dan tidak tendensius. Sehingga anggaran sebesar 122 milyar pertahun untuk membayar hak-hak tenaga honorer itu, benar-benar maksimal fungsinya.

“Harus benar-benar mengedepankan kebutuhan OPD dan kapasitas tenaga honor bersangkutan. Jangan sampai ada sisipan baru dan tidak berkapasitas, nanti pekerjaan terbengkalai,” tegasnya.

Ia juga menilai terkait surat edaran pemberhentian sementara ribuan tenaga honores di lingkup Pemkab Mimika itu merupakan kebijakan untuk memperbaiki dan mengevaluasi jumlah ideal tenaga honor yang bekerja mem-back up para OPD pemerintah. Kebijakan ini dapat dimakluminya, namun pembenahan harus segera dirampungkan dengan cepat agar tidak membawa masalah sosial baru di Kabupaten Mimika. “Kalau kebijakan ini dirasa perlu oleh pemerintah, maka silahkan laksanakan untuk tujuan pembenahan internal, tapi kami harap jangan terlalu lama. Harus segera diselesasikan analisis kebutuhan honorer itu,” tandasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng tertanggal 31 Mei 2021 mengeluarkan surat Perihal Pemberhentian Tenaga Honorer di Lingkungan Pemerintah  Kabupaten Mimika, yang mulai efektif dilaksanakan OPD per tanggal 1 Juni kemarin.  (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika