Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

PT Freeport Indonesia Kini Miliki 2 PCR Tes Covid-19

Alat tes PCR milik PT.Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika

 

Timika,TabukaNews.com – Upaya penanggulangan pendemi corona virus disease 2019 atau Covid-19 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. PT Freeport Indonesia kini telah memiliki 2 alat tes PCR (Reaksi berantai polymerase atau Polymerase Chain Reaction) yang bisa mengetahui ketepatan hasil tes Covid-19 hingga 200 per harinya. 

Executive Vice President Department Goveral PT.Freeport Indonesia Joni Lingga dalam pertemuan bersama Pemda Mimika di Hotel Mozza beberapa waktu lalu menyebutkan pihak PT Freeport dalam waktu dekat akan memiliki alat PCR sendiri yang di datangkan langsung dari Kores Selatan.

“PT.FI sebenarnya memiliki ahli-ahli untuk mengecek virus akan tetapi kami juga akan menambah sabanyak 30 orang tenaga medis,  kami bisa melakukan PCR test di Klinik Kuala Kencana sehingga tidak perlu lagi mengirim ke Jayapura.” ujarnya dalam rapat terbatas. 

Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyampaikan terima kasih kepada PT Freeport Indonesia yang sudah bahu membahu, bersama pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan wabah corona di Mimika. 

“Terima kasih kepada PT.FI atas alat PCR test yang sebentar lagi akan tiba sehingga warga Mimika juga bisa memeriksa diri dan tidak perlu lagi menunggu hasil tes dari Jayapura.” ungkapnya. 

Menurut Bupati bahwa, sejauh ini angka kematian akibat Virus Corona di Kababupaten Mimika tidak separah di Negara-Negara lain, sehingga diharapkan kepada seluruh karyawan yang berada di dataran tinggi tembagapura tetap menjaga kesehatan menerapkan social distancing, menjaga pola hidup bersih. 

Sementara itu, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencepatan Penagulangan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra, Jumat (8/5/20) dalam video Conference mengakui bahwa saat ini dua unit alat tes PCR milik PT Freeport telah tiba di timika akan di uji di Klinik Kuala Kencana dan RS Tembagapura. 

“Informasi yang kami terima Alat tes PCR itu mampu mengetes 200 sampel lendir (swabs) setiap hari.” Ujarnya. 

Diketahui hingga, jumat (8/5) kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika bertambah dua kasus baru, masing masing kasus 096 berinisial MLF dari Kelurahan Kuala Kencana dan Kasus 097 dengan inisial ELW dari kelurahan Kebun Sirih. sehingga secara kumulatif berjumlah 97 kasus. 

Sementara kasus aktif dan masih dipantau berjumlah 77 kasus, ditangani di RSUD Mimika berjumlah 24 kasus, RS Tembagapura menangani 50 kasus sementara RSMM menangani 3 kasus.

sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  malam hari ini berjumlah  107 orang. Dan PDP ini di tangani oleh pihak Rumah Sakit, yaitu, 76 PDP ditanagain di RSUD Mimika berjumlah  10 PDP, RSMM menangani 17 PDP dan RS Tembagapura menanangi 49 PDP. Sedangkan sisanya dari 107 PDP, 31 PDP isolasi mandiri di rumah. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika