Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Positif Covid 19 di Mimika Terus Bertambah

 

Timika, TabukaNews.com - Pemda Mimika melalui Tim Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid 19, terus memperbaharui data jumlah pasein covid 19, baik yang positif, PDP maupun yang sembuh dan yang meninggal dunia di Mimika, hingga hari ke 21, Jumat (10/4/20). pasien positif sebanyak 13 orang yang saat ini menjalani perawatan di RS Tembegapura dan RSUD Mimika.  

“Tidak ditemukan status PDP namun dilaporkan 6 orang PDP dari Rumah Sakit Tembagapura yang dinyatakan sembuh dan pulang dari masa perawatan di rumah sakit.” Ujar Juru Bicara Tim Covid-19, Reynold Ubra. Dalam pres Rilis yang di terima Wartawan. 

Dengan demikian jumlah PDP sampai dengan hari ini diuraikan sebagai berikut, Kumulatif PDP sampai dengan hari ini berjumlah : 60 orang, Kumultaif PDP yang pernah diisolasi/dirawat di rumah sakit, adalah : 32 atau 53 % dari total 60 PDP.

Sedangkan PDP yang melakukan isolasi Mandiri di rumah berjumlah : 28 orang atau 47 % dari total 60 PDP, yang masih dirawat sampai dengan hari ini berjumlah : 15 atau 47 % dari Jumlah PDP yang pernah dirawat atau diisolasi di rumah sakit

Untuk, Jumlah PDP yang sembuh dan pulang : 17  atau 53 % dari jumlah PDP yang pernah dirawat/diisolasi di Rumah sakit Tembagapura (satelit) sebanyak 1 orang dari 9 orang yang pernah dirawat, RS Mitra Masyarakat (satelit) sebanyak 1 orang dari jumlah yang pernah dirawat sebanyak 4 orang dan RSUD Mimika (Rujukan) sebanyak 13 orang dari 19 orang yang pernah dirawat.

Sementara, kematian PDP positif COVID19 di rumah sakit yang ada di Kabupaten Mimika sampai dengan hari ini berjumlah 3 orang atau 9 % dari 32 orang, dengan rincian di RSUD Mimika sebanyak 2 orang atau 6%  dari 32 yang pernah dirawat, RS. Tembagapura sebanyak 1 orang atau 3%  dari 32 PDP yang pernah dirawat sementara di RS. Mitra Masyarakat belum ada kasus kematian. 

“sebanyak 33 sampel/orang yang diperiksa laboratorium jayapura terdiri dari 32 orang PDP yang dirawat di rumah sakit dan 1 PDP isolasi mandiri, diketahui jumlah hasil positif sebanyak 13 orang, jumlah hasil negative berjumlah 7 orang sedangkan masih menunggu hasil sebanyak 13 orang.” Jelasnya.

Sementara Pada hari ini tidak ditemukan ODP (orang Dalam Pengawasa) sehingga secara kumulatif jumlah ODP masih berjumlah 110 orang atau 1.8 kali lebih banyak dibandingkan dengan jumlah PDP.

“jumlah  ODP yang sebelumnya 20 orang yang di isolasi di Shelter kini tertinggal 2 orang yang menguni shelter yang disediakan oleh Pemda Mimika, 18 ODP dinyatakan sehat dan diizinkan pulang,” jelas Reynold. 

Dengan uraian tersebut Tim Gugus berkesimpulan bahwa PDP yang dirawat oleh Tim di rumah sakit sedikit lebih banyak dibandingkan dengan PDP yang melakukan isolasi mandiri. 

“Hal ini memberikan gambaran bahwa PDP yang melakukan isolasi mandiri dapat berpeluang untuk menularkan kepada anggota keluarga atau warga masyarakat terdekat,” jelas Reynold. 

Menurut Jubir bahwa, Rumah Sakit telah menjalaknkan funsinya terbukti kesembuhan dari PDP yang dirawat oleh Tim Medis di rumah sakit menunjukan keberhasilan penanganan karena jumlah PDP yang sembuh lebih banyak dibandingkan dari PDP yang meninggal.

“Ancaman bagi masyarakat yang tidak melakukan social dan physical distancing sangat rentan tertular corona virus karena jumlah ODP dan OTG 2 hingga 3 kali lebih banyak dari PDP.” Ujarnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika