Main Area

pesparawi xiii
Klemen Tinal, Wakil Gubernur Propinsi Papua

Main

Polres Mimika Laksanakan Apel Gelar Pasukan operasi Ketupat Matoa 2021

Timika,TabukaNews.com - Polres Mimika melaksanakan apel gelar pasukan operasi Ketupat Matoa 2021 dalam rangka mengamankan serangkaian kegiatan perayaan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah. 

Opel gelar pasukan dilaksanakan di Mako Polres Mimika jalan Agimuga, Selasa (6/5) dan dikuti personel gabungan TNI-Polri. 

Apel  di pimpinan oleh Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era dan didampingi Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya. 

"Tujuan apel ini memberikan penegasan, memberikan arahan dari bapak Kapolri sekalian mengecek kesiap siagaan," kata Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata saat ditemui di Mako Polres Mimika Selasa (6/5).

Era menegaskan beberapa hal  penting yang menjadi atensi Kapolri yang harus disampaikan secara tegas  dalam apel tersebut yang nantinya dijalankan oleh semua anggota dalam pelaksanaan operasi Ketupat Matoa 2021. 

Di tahun 2021 dimana pemerintah dihadapkan pada persoalan pendemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia termasuk Kabupaten Mimika. 

Aparat TNI-Polri diharapkan untuk tetap mendukung program pemerintah dalam upaya menekan dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. 

 "Pembatasan dari pemerintah terkait larangan mudik tentunya tahun ini perayaan Idul Fitri akan lebih ramai dari pada tahun tahun sebelumnya.Karena banyak masyarakat yang tidak melaksanakan mudik. Tentunya ada beberapa titik yang perlu kita antisipasi di Timika kususnya ditempat keramaian seperti pada tempat tempat perbelanjaan,kemacetan lalu lintas dan  tindak kriminalitas yang perlu kita antisipasi,"kata Era. 

Untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif maka dukungan  masayarakat  kepada TNI-Polri sangat dibutuhkan. 

Dengan dukungan dari masayarakat serta sinergitas TNI-Polri bersama pemerintah yang telah terbangun dengan baik tentunya akan menjadi sebuah kekuatan besar dalam menjaga kamtibmas di Kabupaten Mimika sehingga pelaksanaan Idul Fitri 1442 Hijriah diharapkan dapat terlaksana dengan aman dan tertib. 

"Penyelenggaraan ini sesuai dengan anjuran dari pemerintah. Tidak perlu melaksanakan kegiatan takbir keliling, Salat Idul Fitri  tetap dimungkinkan untuk dilaksanakan dengan tetap berpedoman pada protokoler kesehatan,"kata Era. 

Era mengatakan enam pos nantinya akan dibangun dibeberapa titik di dalam  Kota Timika guna mendukung pelaksanaan operasi Ketupat  Matoa 2021. 

500 personil gabungan TNI-Polri dan didukung oleh organisasi kemasyarakatan lainnya akan disiagakan untuk mendukung dan melaksanakan pengaman hari raya Idul Fitri. 

Sementara itu Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya menegaskan bahwa Kodim 1710 Mimika akan mendukung penuh pihak kepolisian dalam upaya melukan pengamanan peda pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah. 

Ia menegaskan, bahwa masyarakat Mimika diminta untuk tetap patuh dan taat pada himbauan dari pemerintah untuk tidak melakukan mudik lebaran. 

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap patuh pada protokoler kesehatan ditengah pendemi Covid-19 hal ini penting untuk. dilaksanakan guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mimika. 

"Salat tetap  dilakasanakan dan tetap pada protokoler kesehatan. alangkah bagus tiap tiap tempat itu melaksanakan kegiatan ibadahnya di tempat masing-masing sehingga tidak terlalu banyak hilir mudik masyarakat dari satu tempat ke tempat yang lain dengan prinsip tetap menjaga protokol kesehatan,"kata Dandim Yoga.(tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika