Impek 2023
Impek 2023
Impek 2023
Impek 2023

Plt. Bupati Resmikan Armada Truck Road Sweeper, Inovasi DLH Mimika Tangani Sampah

 Plt. Bupati Resmikan Armada Truck Road Sweeper, Inovasi DLH Mimika Tangani Sampah

Timika, Tabukanews.com – Inovasi Pemerintah Kabupaten Mimika di bawah kepemimpinan Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob (JR), dalam penanggulangan sampah di Kabupaten Mimika, dengan meresmikan operasional armada truk road sweeper yang merupakan program Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, pada Kamis (08/12/2022).

Dengan truk road sweeper ini dapat menyapu pinggiran jalan juga penyemprot membersihkan jalan protokol di Mimika. Compartor berfungsi 3 kali lebih banyak dalam pengangkutan, yaitu kapasitas 6 kubik per sekali angkut. SDM yang diperlukan juga minimalis, yaitu 1 tenaga driver dan 2 pembantu dalam pengoperasiannya.

Plt. Bupati Mimika JR, dalam sambutannya mengungkapkan Pemkab Mimika terus berusaha berinovasi demi kebaikan dan kesejahteraan, termasuk pelaksanaan lingkungan hidup yang baik.

“Penanganan sampah merupakan faktor penting untuk membuat manusia menjadi sehat. Malaria di Mimika sumbang 30 persen untuk RI, dalam riset DLH memberikan 20 persen penyebab malaria, karena lingkungan tidak bersih dengan baik. Terima kasih untuk DLH yang sudah bersusaha memperbaiki segala aspek supaya masyarakat sehat,” ujarnya.

JR berharap alat ini akan memberikan tambahan jangkauan penanganan sehingga tidak hanya tiga distrik dalam kota saja. Perubahan pola pikir masyarakat agar peduli penanganan sampah juga jadi kunci keberhasilan daerah Mimika jadi wilayah yang lebih sehat.

“95 ton sampah setiap hari, bisa menjadi lebih baik untuk ekonomi masyarakat. Kita harus merubah mindset berpikir, agar tidak mebuang sampah tetapi mencari sampah. Tahun depan mencoba dengan DLH serta pihak terkait, melihat ke Banyumas untuk salah satu contoh. Proses dibuat menjadi UMKM kerjasama dengan Kadin untuk pemasaran,” sebutnya.

JR mengapresiasi segala bentuk inovasi OPD Pemkab Mimika, termasuk DLH Mimika, untuk terus menghadirkan terobosan layanan pemerintah menjadi semakin lebih prima bagi kepentingan masyarakat.

“Menurut saya, salah satu inovasi kita membuat daerah ini bersih dan nyaman, sekaligus mendidik masyarakat untuk hidup sehat. Daerah lain bisa kenapa kita tidak bisa?” ungkapnya.

Terobosan lainnya adalah menggunakan kecanggihan teknologi sehingga bisa lebih terjangkau oleh masyarakat. “Terima kasih dan apresiasi untuk DLH untuk bisa mencari TPS (tempat pembuangan sampah) lewat android. Sama-sama bekerja untuk memperbaiki masyarakat dan lingkungan. Karena lingkungan menjadi dasar kesehatan untuk semua, peranan penting DLH sangat dibutuhkan,” tuturnya.

Plt Bupati JR berharap dapat terjalin komunikasi, koordinasi dan kolaborasi untuk seluruh OPD di lingkup Pemkab Mimika. “Catatan, Kadis memberikan pelayanan sampah terbaik. Inovasi ke depan sehingga bisa merubah mindset masyarakat Mimika,” kandasnya.

“Juga pemberian alat APD untuk petugas kebersihan, agar dapat dipakai sesuai kebutuhan,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, Ir. Syahrial, mengungkapkan di kota Timika dengan 13 ribu jiwa, maka produk sampah yang dihasilkan mencapai 95.5 ton. Jumlah petugas 146 orang dan armada 13 dumptruck.

“Kami telah membangun kerjasama dengan lurah dan kepala kampung dalam penanganan sampah ataupun penyediaan TPS. Dinas DLH juga melaksanakan pembersihan sebanyak 20 jalur,”

“Dengan adanya road sweeper memperluas jaringan penanganan sampah sehingga lebih efiesen dan efektif hingga pinggiran kota,” ujarnya.

Lagi katanya, armada itu berfungsi sebagai penyapu pinggiran jalan juga penyemprot membersihkan jalan protokol di Mimika. “Tahun depan tenaga sampah akan bergeser ke pinggiran kota yg belum tersentuh saat ini,” ungkapnya.

Lagi kata Syahrial, dalam penanganan sampah dinas yang dipimpinnya menemui persoalan, yaitu warga tidak disiplin membuang sampah tepat waktu dan tidak pada tempatnya. “Juga waktu pembuangan, setelah dibersihkan, jam 6 sampai jam 1 siang terdapat banyak sampah lagi di TPS. Kami harap agar kelurahan dapat mensosialisasikan agar maksimal dalam perilaku masyarakat untuk membuang sampah,” ungkapnya.

Untuk membuat Mimika yang bersih, indah dan sehat, diperlukan peran penting dari pemerintah distrik dan lurah serta kampung. “Mengajak merubah perilaku yang sadar akan keberadaan sampah dengan membuang sampah pada waktunya,” tandasnya

Adapun penerima APD dari Kelurahan Sempan, Dinggo Narama dan Perintis.(dzy)

 

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata