Impek 2023
Impek 2023
Impek 2023
Impek 2023

Plt. Bupati Mimika Mengajak Legislatif - Eksekutif Bekerja Sama Demi Kemajuan Pembangunan

 Plt. Bupati Mimika Mengajak Legislatif - Eksekutif Bekerja Sama Demi Kemajuan Pembangunan

Timika, TabukaNews.com - Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob mengajak DPRD Mimika sebagai lembaga Legislatif bersama dengan Pemerintah kabupaten (Eksekutif) untuk bekerja sama dalam melaksanakan tupoksi masing masing demi kemajuan pembangunan dan masyarakat.

Ajakan tersebut disampaikan Plt Bupati Mimika, Johanes Rettob,S,Sos,S,Msi dalam sambutannya pada pada Rapat Paripurna IV Masa Sidang III tentang pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Mimika dan penutupan pembahasan RAPBD Kabupaten Mimika tahun anggaran 2023, Jumat (25/11/2022) di Hotel Grand Mozza.

Menurutnya, setelah ditetapkannya APBD Mimika tahun 2023, diharapkan kerjasamanya antara Legislatif dan pemerintah daerah dalam tupoksi masing masing untuk mewujudkan keberhasilan dalam pembangunan dan kesejateraan masyarakat.

“Atas nama pemerintah mengapresiasi kerja sama yang baik dengan seluruh anggota DPRD Mimika yang telah membahas sampai menetapkan APBD 2023 ini, rencana anggaran yang telah disepakati ini kata dia benar-benar dilaksanakan sesuai dengan aturan perundangan-undangan yang efektif, efisien dan akuntabel,”pinta Jhon Rettob.

Adapun sejumlah saran dan rekomendasi yang disampaikan oleh 7 fraksi DPRD pada pandangan umum fraksi-fraksi atas RAPBD 2023, kata Jhon Rettob akan menjadi perhatian pemerintah.

“Hasil dari APBD diharapkan dapat dinikmati oleh segenap masyarakat. Pemerintah juga secara konsisten memperbaiki pembangunan di segala bidang, juga akan melakukan pengawasan terhadap APBD setiap tahun sehingga pencapaian target program dan kegiatan dapat terwujud,”ucapnya.

Kata dia, eksekutif sangat terbuka, bapak-bapak dewan silahkan melakukan pengawasan, kita melakukan ini sama-sama.

Nantinya setalah penetapan ini, akan dilaksanakan rasionalisasi dan pembahasan APBD 2023. Evaluasi akan dikoordinasikan lagi dengan Kemendagri apakah akan dilakukan bersama dengan Provinsi Papua Tengah ataupun tetap di Provinsi Papua.

“Kami akan lakukan koordinasi untuk rasionalisasi APBD 2023 ini apakah dengan Papua Tengah atau Papua,” jelasnya.

Jhon Rettob menambahkan, sebenarnya jadwal rasionalisasi APBD 2023 ini sudah harus segera dilaksanakan lagi sehingga Januari 2023 mendatang, program kerja sudah bisa dilaksanakan, maka ia juga meminta TPAD Pemda Mimika bisa segera koordinasi untuk rasionalisasi APBD 2023 ini.

Dijelaskan, bahwa beberapa kesepakatan yang telah dicapai dalam pembahasan Raperda tentang APBD tahun 2023 dapat berperan selaku instrument fiscal daerah yang merupakan rencana kerja tahunan pemerintah daerah dalam pelaksanaanya tetap memperhatikan kebutuhan nyata dan hasilnya dapat dinikmati oleh segenap lapisan masyarakat kabupaten Mimika.

“Dapat membenahi pembangunan disegala bidang secara terencana, bertanggungjawab, berkualitas, professional dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kabupaten Mimika. Juga dapat melakukan pengawasan dan evaluasi yang cermat terhadap pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah setiap tahun anggaran berjalan,”katanya. (dzy)

 

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata