Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Pindah ke Domberai, Timika "Resmi" Jadi Ibukota Papua Tengah

Timika,TabukaNews.com - Proses pemekaran Provinsi Papua Tengah terus berlanjut. Bupati Mimika Eltinus Omaleng selama ini tampak berjuang untuk menempatkan posisi Mimika sebagai ibu kota provinsi kelak.

Melalui rapat Koordinasi Pembentukan Provinsi Papua Tengah yang digelar di Hotel 66 Timika, Papua, Selasa (26/01) diputuskan, bahwa Mimika memisahkan diri dari wilayah adat Meepago dan bergabung ke wilayah adat Domberai yang membawahi beberapa kabupaten di Provinsi Papua.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng didampingi Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob usai pertemuan kepada awak media menjelaskan, bahwa pemekaran provinsi baru tersebut mengacu pada UU 45 Tahun 1999, yang menyebut perihal pembentukan Provinsi Papua Tengah bersama sejumlah wilayah lain di Papua.

"Ini sudah ada di agenda nasional dan itu yang mendasari itu kita jalan. Yang jadi persoalan sekarang adalah wilayah Meepago dan Domberai. Sehingga kita dari Papua Tengah, memecahkan dari Meepago kit) Domberai sendiri," tuturnya.

Omaleng menjelaskan bahwa salah satu alasan Mimika masuk ke wilayah adat Domberai karena pertimbangan budaya yang berbeda dengan wilayah Meepago. "Makanya kita, Nduga, Kaimana, Fak-Fak berdiri sendiri di Domberai karena kami tidak cocok dengan budaya Meepago," tuturnya.

Kesepakatan tersebut dicetuskan melalui pertemuan empat perwakilan wilayah adat yakni Lembaga Masyarakat Adat  Suku Kamoro (Lemasko), Lembaga Masyarakat Adat Suku Amungme (Lemasa), Kerukunan Keluarga Kaimana, Kerukunan Keluarga Fak-fak dan utusan dari Nduga. 

"Nanti Provinsi Papua Tengah tidak akan membawahi kabupaten yang ada di wilayah adat Meepago. Kita empat kabupaten dan satu kota madya itu sudah cukup untuk pemekaran satu provinsi, karena Timika akan dimekarkan sebagai kota madya," ungkapnya.

Lanjut dikatakan, bahwa dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan pertemuan dengan masing-masing bupati dari wilayah adat Domberai untuk kelanjutan pemekaran Provinsi Papua Tengah.

"Nanti kita akan hubungi mereka untuk lakukan pertemuan seperti ini," imbuhnya. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika