Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Pilot Susi Air Dilarang Angkut Aparat Keamanan

TIMIKA, TabukaNews.com - Pilot pesawat Susi Air, John Terrence Hellyer asal Selandia Baru sempat menjadi tawanan sekelompok orang yang diduga Kelompok Kriminal Bersenjata, di Distrik Wangbe, Ilaga Kabupaten Puncak, Jumat (12/3).

Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Kapolda Papua mengatakan, para pelaku yang mengatasnamakan KKB  tersebut membawa dua pucuk senjata M16.

"Mereka menghalangi dan melarang pilot kembali ke Timika," kata Kapolda kepada wartawan di Mako Brimob Batalyon B Polda Papua, Jalan Agimuga Mile 32, Sabtu (13/3).

Ia mengatakan, pilot Susi Air  tersebut ditahan kurang lebih selama dua jam.

Selanjutnya pilot dilepaskan setelah masyarakat yang juga merupakan penumpang pesawat Susi Air melakukan komunikasi dengan KKB tersebut. 

"Namun atas bantuan masyarakat lainnya sehingga dia bisa kembali. Dan kasus ini sudah ditangani Polres setempat dan masih diambil keterangan, nanti kalau sudah selesai kita ekspos ke teman-teman," jelasnya.

Terkait hal tersebut, Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu siang mengatakan bahwa korban saat itu membawa tiga orang penumpang dari Timika.

Namun ketika hendak kembali, korban ditawan dan ditodong menggunakan senjata.

"Pilot itu membawa penumpang dan tiba di Wangbe sekitar pukul 6.30 WIT. Pengakuan sang pilot, dia dilarang mengangkut aparat keamanan," kata Punia. 

Ia menyebut, kondisi korban dalam keadaan selamat. Dimana, tidak terjadi tindak kekerasan baik berupa penganiayaan.

Situasi pasca kejadian itupun saat ini sudah kembali kondusif. Meski di daerah iWangbe belum terdapat Polsek, sementara masih berada di Wilayah Abioga. 

"Sudah kondusif. Memang disana tidak ada aparat. Belum ada Polsek, itu masih masuk di Abioga," imbuhnya. (Dezy)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika