Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Perangi Covid – 19, Freeport Bantu APD dan Rp 2 MILIAR melalui YPMAK

 

Timika,TabukaNews.com – Menyikapi permasalahan dalam penanggulangan wabah Virus Corona di Mimika PT Freeport Indonesia melalui Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), Senin (30/03/20) menyerahkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika. 

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur YPMAK, Febian Magal kepada Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding yang juga sebagai ketua umum Tim Gugus Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika di gedung MPCC jalan C Heatubun, Timika.

Dalam sambutannya, Febian Magal mengatakan, YPMAK sebagai sebagai pengelolah dana kemitraan PT Freeport Indonesia untuk masyarakat Amungme dan Kamoro serta lima suku kekerabatan di Mimika juga bergerak di bidang sosial. 

“Ini bentuk partisipasi serta bentuk kerja sama dengan Pemkab Mimika untuk memerangi covid-19. Dengan demikian harapan kami agar masyarakat kita tetap sehat dan terhindar dari covid-19,” kata Febian. 

Selain menyerahkan APD berupa baju cover all full set, masker, disinfektan dan elektrik spary secara simbolis, Febian juga menyerahkan secara simbolis uang sebesar Rp 2 miliar untuk membantu tim dalam rangka pengendalian covid-19 di Mimika.

Febian juga menambahkan, selain membantu tim gugus di kabupaten Mimika, YPMAK juga turut membantu tim gugus tugas di Provinsi Papua dan pusat dengan menyumbangkan anggaran masing-masing sebesar Rp 1,5 miliar.

Sementara itu Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding yang juga sebagai ketua umum Tim Gugus Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika mengucapkan terima kasih kepada YPMAK atas bantuan yang diberikan.

“Apa yang diserahkan akan kami manfaatkan secara baik, dan digunakan untuk kepentingan pencegahan dan penanggulangan covid-19 di kabupaten Mimika,” kata Marthen.

APD yang disumbangkan kata Marthen selanjutnya akan dibagikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan seperti rumah sakit maupun puskesmas-puskesmas di Mimika.

Sekda Mimika juga mengatakan dana yang disumbangkan YPMAK tersebut akan disimpan di salah satu rekening dan semua pihak yang ingin berpartisipasi bisa menyumbang melalui rekening tersebut.

Sementara itu sumbangan dalam bentuk barang seperti APD dan lain-lain bisa langsung diserahkan ke Posko Tim Gugus Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika, jalan Cinderawasih SP2.*

 

Manager  Community  Health  Development  (CHD)  PTFI,  Govert  Waramori   dan  diserahkan    kepada  Sekda  Kabupaten  Mimika,  Marthen  Paiding,  didampinig  Juru  Bicara  Tim  Gugus  Tugas Percepatan  Pencegahan  Covid-19,  Reynold  Ubra.   

“Bantuan  yang  diberikan  dalam  bentuk  uang  tunai  senilai  Rp  5  miliar  yang  akan  di  distribusikan  antara  lain  Rp  2  miliar ke  Kabupaten  Mimika,  Rp  1,5  miliar  ke  Provinsi  Papua,  dan  Rp  1,5  miliar  ke  Pemerintah  Pusat.” Ujar Vice President Cororete Comunication Riza Pratama dalam Pres Rilisnya . 

Menurutnya, bantuan  tunai  untuk Pemkab  Mimika  disalurkan  melalui  rekening  bank  dari  masing-masing  tugas  gugus  tugas  penanganan  Covid-19  di wilayah  Mimika.   Selain  bantuan  tunai,  YPMAK  menyerahkan masker  sebanyak 100 dos,  20  set  APD baju bio hazard, 48 unit mesin alat semprot  mist  blower  yang  digunakan  untuk  penyemprotan  cairan  disinfektan  area  indoor  dan  outdoor,  serta  39 karton  setara  250  liter  cairan  disinfektan  merek  Bayer. 

 Bantuan  PTFI  dan  YPMAK  diberikan  dalam  bentuk peralatan/perlengkapan  yang  diperlukan  dalam  upaya  mitigasi  dan  penanganan  Covid-19  di  Timika,  dengan  nilai bantuan  yang  akan  diberikan  mencapai  total  lebih  dari  Rp  5  miliar.   

PTFI  dan  YPMAK bekerja  sama  dengan Pemerintah  Kabupaten  Mimika melalui Dinas Kesehatan,  bersama  Tim  Gugus Tugas  Percepatan  Pencegahan  Covid-19  di  Timika  dalam  hal  pendistribusian  bantuan  agar  dapat  digunakan  secara maksimal.  

“Freeport  melalui  YPMAK  mendukung  pencegahan  penyebaran  virus  Covid-19  di  Kabupaten  Mimika, bekerja  sama  dengan  Pemkab  Mimika,  menyerahkan  bantuan  APD  ini  untuk  digunakan  tenaga  medis  bila  ada penanganan  pasien  covid-19,”  kata  Govert  Waramori,  mewakili  Manajemen  PTFI. 

Sebelumnya,  PTFI  telah  menjalankan  upaya  pencegahan  penyebaran  Covid-19  dengan  penerapan  Social  Distancing di  area  kerja, serta  melakukan pembatasan perjalanan (travel restriction) bagi karyawan dan  komunitas di lingkungan perusahaan.    (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika