Translate

Redaksi Tabuka News | 16 March 2022

Pengambilan Bets Bahari, 27 Anggota Pramuka Saka Bahari Lanal Timika Gelar Persami

Pengambilan Bets Bahari, 27 Anggota Pramuka Saka Bahari Lanal Timika Gelar Persami

Timika,TabukaNews.com

Dalam rangka melaksanakan program kerja bidang Potensi Maritim (Potmar), Pramuka Saka Bahari Lanal Timika menyelenggarakan Perkemahan, Sabtu dan Minggu (Persami) yang dilaksanakan di Rumdis TNI AL Frans Kaisiepo, Sabtu (12/3/2022).

Persami yang dilaksanakan dalam rangka pengambilan bets Saka Bahari sebagai syarat untuk naik pada tingkatan Kecakapan Umum pertama bagi penegak bantara dan juga kecakapan umum kedua bagi penegak Laksana.

Dalam pelaksanaannya, diikuti oleh sebanyak 27 peserta, dipimipin Pgs Paspotmar Lanal Timika Lettu Laut (T) Hadiansyah Ashar, didampingi oleh 14 orang yang tediri dari Pamong, pelatih dan pembina.  

Secara terpisah Komandan Lanal Timika Letkol Laut (P) Deni Indra Murdiyanto, S.Sos., M.Tr.Hanla., M.M menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan Persami untuk melatih jiwa bahari, kemandirian, kedisiplinan, kerjasama, dan gotong royong dengan sesama anggota kelompok, dan tidak kalah penting yaitu meningkatkan kepedulian terhadap alam dan sesama.

Hal tersebut sesuai dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, agar membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Serta menumbuhkan semangat generasi muda melalui kegiatan kepramukaan, keterampilan serta meningkatkan motivasi untuk melaksanakan kegiatan nyata yang produktif, kreatif, dan inovatif dalam rangka menanamkan nilai-nilai kebangsaan nasionalisme dan semangat bela negara guna mewujudkan cita-cita bangsa. 

"Saka Bahari dititik beratkan kepada pembinaan mental dan jiwa kelautan, berwawasan kebaharian dan tentunya cinta tanah air dalam menyiapkan komponen cadangan dan pendukung sistem pertahanan laut," kata Pgs Paspotmar Lanal Timika Lettu Laut (T) Hadiansyah Ashar, Sabtu (12/3/2022). 

Ia berharap, nilai-nilai yang didapat selama pelaksanaan Persami, walaupun hanya dua hari namun dapat memberikan pengetahuan pentingnya hidup berdampingan dengan alam dan sesama. Sebab manusia adalah mahkluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain maupun alam. 

"Pentingnya hidup berdampingan sebagai mahkluk sosial," harapnya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak hari Sabtu hingga minggu diakhiri dengan upacara penutupan, pemasangan bets dan pelantikan penegak Bantara dan Laksana. (**)