Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Pelaksanaan PON XX, Ketua DPRD : Semua Anggota Dewan Wajib Terlibat

Timika, TabukaNews.com - Menjelang pelaksanaan  Pekan Olaharag Nasional (PON) ke XX pada bulan Oktober 2021 mendatang, Ketua DPRD Mimika, Robby K Omaleng, S.IP, MA  berharap agar 35 anggota dewan untuk terlibat dalam mendukung pelaksanaan agenda nasional disamping fungsi pengawasan yang memang menjadi tugas setiap angota dewan.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua DPRD Mimika, Robby K Omaleng, kepada wartawan usai menggelar rapat internal Pimpinan, Anggota dan Sekretaris Dewan di Ruang Serba Guna Kantor DPRD Mimika, Selasa (6/4).

“Keterlibatan seluruh anggota DPRD Mimika dalam pelaksanaan PON XX di bulan Okotber mendatang adalah wajib, karena tugas fungsi pengawasan yang melekat pada dewan harus berperan. Apalagi sebagian venue cabang olahraga dibangun dengan menggunakan APBD Mimika, sehingga peran dewan melakukan pengawasan hingga pelaksanaan berjalan sukses,”tegas Robby Omaleng,

Selain menjalankan fungsi pengawasan dan turut aktif mendukung Panpel Sub PB PON, dewan juga harus bisa terlibat langsung dalam cabor-cabor yang ada.

“Selain fungsi pengawasan, 35 dewan juga harusnya bisa diakomodir oleh Panpel Sub PB PON khususnya di cabor-cabor, sehingga bisa aktif dalam membantu dan mengawasi keberlangsungan semua cabor yang dipertandingkan di Kabupaten Mimika. Karena banyak anggaran yang diserap di pelaksanaan PON yang berasal dari APBD Kabupaten Mimika, sehingga mereka bisa memonitor atau mengawasi jalannya ivent PON dimaksud,”katanya.

Robby juga mendukung pernyataan Bupati Mimika yang mempertanyakan alokasi anggaran untuk ke pemerintah daerah dari PB PON Pusat maupun PB  PON Papua terkait adanya dana untuk kluster.

“Permintaan pemerintah daerah melalui bupati soal kucuran dana dari PB PON ke pemerintah daerah yang hingga saat ini belum jelas, padahal anggaran sudah cukup besar digelontorkan oleh Pemkab Mimika dengan membangun beberapa venue. Pemkab Mimika kan hanya diwajibkan menyiapkan lahan venue, dan pembangunan fisiknya nanti ada kompensasi dari pusat, padahal Pemkab Mimika sudah mengeluarkan anggaran mencapai Rp 500 miliar lebih,”ungkapnya.

Dirinya berharap, agar PB PON Pusat segera merealisasikan bantuan dana untuk mengganti anggaran yang sudah dikeluarkan oleh Pemkab Mimika untuk membangun sejumlah venue yang sudah siap digunakan.

“Harus ada kejelasan tentang pergantian anggaran dari pembangunan venue cabor yang sudah dibangun untuk mendukung pelaksanaan PON ke XX,”tutur Robby. (Dzy)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika