Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Pelajar Belum Bisa Kembali ke Kampung Asal

Timika,Tabukanews.com - Meski para pengungsi sudah bisa kembali ke kampung halaman, namun masih ada sebagian warga yang belum diijinkan untuk pulang.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob saat ditemui awak media di Mile 32, Rabu (20/1) menjelaskan bahwa pihaknya tidak membiarkan semua warga kembali ke tempat asal begitu saja, namun harus melewati beberapa rangkaian.

"Kita sekarang sedang dalam masa pandemi Covid-19. Oleh sebab itu kita tidak mau warga yang pulang ke kampung halaman tapi membawa virus Corona. Maka dari itu kita haruskan warga ikut Rapid tes anti gen supaya yang kembali dalam keadaan sehat," tuturnya.

Ditegaskan juga, bahwa pihaknya belum mengijinkan para pelajar untuk kembali, karena saat ini masih mengikuti kegiatan belajar mengajar di beberapa sekolah, meskipun masih berbasis online.

"Untuk pelajar yang sudah bersekolah di Timika belum kita ijinkan untuk kembali. Kita tidak mau mengganggu proses pendidikan mereka yang sedang berjalan. Nanti kalau mereka sudah selesai baru bisa kembali," paparnya.

Seperti diketahui, 1.572 warga Kampung Banti dan Opitawak diungsikan ke Timika pada Maret 2020 lalu akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melakukan teror terhadap warga setempat. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika