Main Area

pesparawi xiii
Klemen Tinal, Wakil Gubernur Propinsi Papua

Main

Pansus PON dan Pesparawi DPRD Dibentuk

Timika, TabukaNews.com - Panitia Khusus (Pansus) PON dan Pesparawi telah terbentuk dan disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Mimika, Senin (19/7) dengan agenda Penetapan Keanggotaan Panitia Khusus 1 dan 2 tentang Pengawasan Pelaksanaan Penyelenggaraan PON 20 Papua Sub Mimika dan  Pesparawi ke-13 se-Tanah Papua.

Di penutupan Rapat Paripurna, dalam pidatonya Wakil Ketua 1 DPRD Mimika Aleks Tsenawatme mengatakan pembentukan alat kelengkapan dewan tidak tetap itu merupakan tugas dan kewenangan lembaga legislatif guna memantau kepastian upaya strategi pemerintah daerah dalam mewujudkan dampak positif bagi sosial dan ekonomi masyarakat serta pembangunan daerah Kabupaten Mimika.

Perhelatan PON dan Pesparawi di mana Kabupaten Mimika menjadi tuan rumahnya, menjadi momentum penting bagi daerah untuk memaksimalkan percepatan pembangunan dan perekonomian rakyat meningkat.

DPRD juga mendorong agar venue-venue PON dan infrastruktur lainnya, bisa terus dimanfaatkan bagi potensi penambahan pendapatan daerah usai iven nasional empat tahunan itu selesai digelar.

Diharapkan lewat PON dan Pesparawi juga dapat mengenjot pertumbuhan sektor pariwisata Mimika, termasuk akselerasi pembangunan spot wisata, produk-produk wisata dan destinasi wisata yang ramah lingkungan di Mimika.

Selain itu, kata Aleks Tsenawatme, ajang PON ini merupakan ajang memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat dalam bingkai NKRI karena akan diikuti oleh seluruh utusan terbaik dari seluruh Provinsi di nusantara. Pertemuan antar budaya ini akan melebur dalam euforia PON Papua sehingga menjadi bukti bahwa seluruh rakyat bangsa hidup rukun, bersatu dan berdampingan dalam keharmonisan.

Aleks Tsenawatme Wakil Ketua 1 DPRD Mimika asal Partai Nasdem itu menambahkan, Pansus PON dan  Pesparawi DPRD Mimika diminta untuk bekerja maksimal dan proporsional dengan pemerintah dalam tujuan suksesnya iven-iven akbar itu.

Selain itu pimpinan DPRD juga berpesan agar Pemkab Mimika, KONI Mimika, PB PON Sub Mimika, LPPD Mimika dan Kepanitiaan Pesparawi Mimika dapat mendukung penuh langkah-langkah kerja Pansus 1 dan 2 DPRD Mimika.

DPRD berharap usaha kerja keras dari seluruh pihak dapat menyukseskan dua iven akbar itu, kendati dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Pansus dan multipihak juga harus turut memastikan skema pelaksanaan kegiatan di masa pendemi Covid-19 berjalan dengan baik.

Adapun nama-nama dibacakan Sekretaris DPRD Mimika Ananias Faot, yaitu  Panitia Khusus I Pemantauan PON XX Sub Mimika tahun 2021 diketuai oleh Iwan Anwar dengan Sekretaris Marthinus Walilo, dan penanggung jawab atau kordinator Aleks Tsenawatme. Selanjutnya Pansus PON DPRD Mimika beranggotakan, Rizal Pata'dan, Mariunus Tandiseno, Anton Pali, Herman Gafur, Novian Kulla, Karel Gwijangge, Julian Solossa, Nurman Karupukaro, Elminus Mom, Saleh Al-hamid, Matius Uwe Yanengga, Leonardus Kocu, Semuel Bunai.

Kemudian Panitia Khusus II Pemantauan Pesparawi XIII tahun 2021 diketuai oleh Aloisius Paerong, dengan Sekretaris Ancelina Beanal dan Penanggung Jawab atau Kordinator Yohanes Felix Helyanan. Selanjutnya Pansus Pesparawi DPRD Mimika beranggotakan, Anton Bukaleng, Merry Pongutan, Aser Murib, Daud Bunga, Yustina Timang, Sasiel Abugau, Thobias Maturbongs, Tanzil Azharie, Den B Hagabal, Parjono, Amandus Gwijangge, Milier Kogoya, Reddy Wijaya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika