Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Panitia Pesparawi dan LPPD Provinsi Mantapkan Panduan Pelaksanaan


Timika, TabukaNews.com - Koordinator Penyelenggara Pesparawi LPPD Provinsi Papua Agus Samori, mengatakan dirinya datang berdiskusi kembali dengan panitia penyelenggara di Kabupaten Mimika berkaitan dengan panduan pelaksanaan semua kegiatan lomba yang akan dilaksanakan pada Oktober sampai awal November 2021 nanti.
Jadwal awal yang sudah dibuat sesuai dengan kondisi 2019 dengan kegiatan tahun 2020, tapi karena kondisi berubah seiring dengan merebaknya wabah Covid 19 maka jadwalpun perlu dimantapkan lagi, sehingga perlu didiskusikan kembali bersama teman-teman di Kabupaten Mimika.
“Saya hadir di Timika bersama teman-teman di sini dan kita sudah lihat jadwal sedikit demi sedikit nanti ditetapkan dimana akan disepakati Oktober akhir pembukaan dan awal November sudah mulai dengan lomba.” Ujar Samori saat ditemui di Hotel Grend Tembaga,Kamis (07/01/2021).
Untuk lomka kata Agus, kehadiran dirinya ditimika untuk melihat  sama-sama jadwal, terutama urutan mata lomba, kategori yang dilombakan sebanyak 12 mata loma yang akan diperlombahkan sehingga . LPPD Provinsi dan panitia penyelenggara tetap mempertimbangkan sutuasi Covid 19 yang belum ada tanda-tanda mereda sampai saat ini. Untuk mata lomba jelas Agus misalnya, Solo anak 7-9 tahun, solo anak 10-13 tahun, paduan suara anak, paduan suara remaja, paduan suara wanita, paduan suara pria, paduan suara campura dan paduan suara etnik.
“ kita pres. Lomba yang sudah ada hanya perubahan di tahun, hari, tanggalnya saja. Nomor undian tetap sama, mata lombanya juga sama, dan perlu penyesuaian dengan gedung-gedung lomba yang ada di Timika,” kata Agus
Sementara  untuk juri, pihaknya sudah menentukan jumlah, dan dispekati ada 16 juri nasional, dengan pembagian 5 untuk kategori paduan suara anak, paduan suara remaja, paduan suara dewasa campuran, dan 5 juri untuk paduan suara pria, paduan suara wanita, dan etnik kemudian tiga yuri untuk vokal group dan tiga lagi untuk solis anak dan remaja. Jadi jumlah semua ada 16 orang juri.
Ketika ditanya soal peserta agus menjelaskan peserta terdiri dari seluruh kabupaten /kota sehingga  diharapkan semua kabupaten kota hadir mengikuti Pesparawi ini.  “Tadinya LPPD Provinsi dan panitia penyelenggara harapkan Papua Barat ikut, tapi mereka pisah dan menurut rencana mereka laksanakan pada Februari mendatang, sehingga Papua hanya 29 kabupaten/ kota.” Jelasnya.
Ketua LPPD Kabupaten Mimika dan Ketua III Panitia Penyelenggara, Ade Matulesi, menyampaikan berterima kasih kepada pihak LPPD Provinsi Papua yang sudah datang membantu pantiia dalam memantapkan jadwal pelaksanaan pesparawi yang menurut rencana akan dilaksanakan pada akhir Oktober sampai awal November 2021 mendatang.
“Memang Mimika harus siap lebh awal, dimana dalam musyawarah daerah dalam pesparawi Kaimana beberapa waktu lalu, Mimika ditunjuk sebagai tuan rumah. Saat itu LPPD Mimika membacakan rekomnedasi Bupati Mimika soal kesiapan Mimika sebagai tuan rumah.Pesparawi se tanah Papua di Timika.” Ujarnya.
Kegiatan dimulai akhir Oktober sampai tanggal 6 November 2021. Sebagai Ketua LPPD Kabupaten Mimika, pihaknya tetap mengikuti jadwal yang dikeluarkan LPPD Provinsi. Saat ini belum ada latihan-latihan, mungkin berapa minggu kedepan mulai ada jadwal latihan yang dibagi ke masing-masing pelatih. Pelatih-pelatih berhenti cukup lama sehingga harus mulai dengan latihan awal yang terbatas. Situasi covid harus mempertimbangkan keseahatan dan protokol kesehatan masing-masing peserta. (Tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika