Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Pam Swakarsa Diaktifkan Lagi, Warga Timika Perkuat Pos Kamling

Timika,TabukaNews.com - Dalam rangka mendukung program Kapolri yakni mengaktifkan kembali Pam Swakarsa, warga Timika diminta untuk memperkuat pengamanan wilayah melalui pos ronda atau pos kamling.

Kasat Binmas Polres Mimika, AKP Waloni saat ditemui wartawan diruang kerjanya, Selasa (23/2) mengatakan, bahwa pihaknya akan mengaktifkan kembali pos kamling yang sudah ada.

"Kita akan koordinasi dengan kepala kampung, RT/RW. Dan mereka yang akan mensosialisasikan kepada warganya untuk sama-sama membangun pos kamling," tuturnya.

Pam Swakarsa menurutnya adalah kesadaran sendiri dari masyarakat dalam membantu kepolisian dalam hal menjaga keamanan lingkungan. Menurutnya, warga Timika mendukung program tersebut karena seharusnya keamanan merupakan tanggungjawab bersama, bukan hanya pihak kepolisian.

"Dengan adanya pos kamling gangguan Kamtibmas selama setahun ini menurun, meskipun tidak semua pos kamling aktif karena masih masa pandemi Covid-19," katanya.

Dijelaskan juga bahwa tiap-tiap Perwira Polres Mimika diberikan tugas untuk melakukan patroli kepada masing-masing pos kamling yang ada ditiap malamnya.

"Kami tiap-tiap Perwira diberikan tugas untuk memantau mereka untuk memastikan keamanan lingkungan demi terwujudnya Mimika yang aman dan tenteram," paparnya.

Selain itu, program Pam Swakarsa yang kembali diaktifkan oleh Kapolri yang baru, juga akan diteruskan kepada Polsek-Polsek yang ada di wilayah pedalaman, baik yang ada di wilayah pesisir maupun pegunungan.

"Karena Pam Swakarsa berlaku untuk seluruh Indonesia, maka juga berlaku untuk polsek yang ada di pedalaman. Babinkamtibmas nanti yang akan berkoordinasi dengan Babinsa serta kepala kampung setempat mengenai pembangunan Pos Kamling," jelasnya.

Pembangunan Pos Kamling untuk saat ini masih difokuskan diwilayah kota, sementara untuk wilayah pedalaman akan segera diterapkan.

"Kalau wilayahnya aman, kita pikir buat apa bangun pos kamling? Nanti kita akan bantu berupa rompi, tongkat, borgol, buku tamu, buku penjagaan serta televisi. Jadi kita bersama-sama untuk membantu pembangunan pos kamling serta perlengkapannya," imbuhnya.(Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika