Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Palang Jalan Tuntut Pemda Dan PT Freeport Segera Pulangkan Warga 3 Kampung

Timika, Tabukanews.com - Puluhan warga dari tiga Kampung yakni Wa, Banti dan Opitawak Distrik Tembagapura,Timika Papua. Aksi Pemalangan tersebut dimana janji dari Pemerintah daerah untuk mengembalikan warga kembali ke Kampung pada awal tahun namun sampai saat ini belum terealisasi.

Buntut dari tidak kembalinya warga sehingga pada hari Kamis,(14/01/2021) puluhan warga membuat aksi demo dan memalang jalan di terminal gorong - gorong tepatnya di cek poin 26.

Warga yang melakukan aksi demo tersebut mereka menuntut untuk segera dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing.

Salah Seorang  pendemo Martina kepada sejumlah wartawan di lokasi Pemalangan mengatakan bahwa warga melakukan aksi tersebut hanya menuntut untuk dipulangkan ke kampung halamannya.

"Kami hanya tutunt untuk kembali ke Kampung halaman dimana kami berasal tidak ada maksud lain karena pemerintah daerah dan pihak PT Freeport Indonesia janji awal tahun kami sudah kembali namun sekarang lain lagi,"ujarnya.

Martina mengatakan, dirinya meminta agar difasilitasi oleh pemerintah daerah dan pihak Freeport agar mereka bisa kembali kekampung halamannya.

“Kami tidak meminta apa-apa hanya dipulangkan saja, Freeport itu milik kami, kami hanya ingin pulang agar kami bisa membangun kampung kami bukan selamanya hidup di Timika kami punya kampung,” ujarnya.

Sementara masa aksi membawa spanduk lain bertuliskan, “biarkan tambang kami di keruk jangan diri kami juga ikut dikeruk”.

Aksi demo yang berlangsung damai itu, berawal pada pukul 10 : 00 WIT dan berhasil membubarkan diri pada pukul 11 : 45 Wit.

Dari pantauan dilokasi aksi, puluhan warga yang melakukan aksi langsung ditemui pihak polres mimika, hadir ditengah-tengah masa aksi Wakapolres Mimika, (Kompol) I Nyoman Punia,S.Sos, Kapolsek Mimika baru (Kompol) Sarajju, serta personil lainnya.

Wakapolres Mimika Kompol I Nyoman Punia,S.Sos, kepada masa  meminta agar masa membubarkan diri. “Kami minta agar masa membubarkan diri, bapak Bupati Mimika Serta forkopimda lagi membahas kepulangan bapak ibu, Jadi kami harap kalian harus sabar.”Tegas Wakapolres Mimika.(Tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika