Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

OKIA Desak Tim Gugus Lakukan Rapid Tes Massal Di Agimuga

 

Timika,TabukaNews.com – Setelah berhembus kabar bahwa salah satu petugas kesehatan yang bertugas di Distrik Agimuga, Kabupaten Mimika, diketahui meninggal dengan gejala yang mirip dengan Covid-19. 

Organisasi Kaum Intelektual Amungsa (OKIA) mendesak Tim Gugus Tugas Percepatan pengendalian Covid-19 Mimika untuk secepatnya melakukan tindakan pencegahan dengan melakukan Rapid tes secara masal kepada warga di Distrik Agimuga guna memutus penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Dsitrik Agimuga. 

Kabar meninggalnya salah satu petugas medis Agimuga itu diketahui ketika tim kesehatan menggunakan helikopter ke Agimuga untuk menjemput korban dengan mengunakan pakian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap saat menangani pasien Covid-19.

Informasi tersebut dibenarkan oleh Ketua Tim Penanganan Covid-19, OKIA, Yohannes Kemong dalam Video yang tersebar mengatakan bahwa Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Mimika harus transparan, jujur dan secara detail menyampaikan informasi ini. Jika  almarhum perawat tersebut meninggal karena Covid-19 maka tim gugus harus berani menyatakannya.

"Ada yang bilang petugas kesehatan yang meninggal itu karena asma, katanya juga sakit lain tapi pihak Dinas Kesehatan dari Timika jemput dengan coper pakai APD lengkap, bawa datang ke Timika kemudian pemakamannya secara Covid-19. Ini artinya tidak ada keterbukaan dari tim Covid-19," ungkap Yohanes Kemong.

Menurut Yohanes, Agimuga merupakan distrik kecil dan penduduknya merupakan Orang Asli Papua (OAP) Suku Amungme. Ia meminta tanggungjawab Tim Gugus Tugas terhadap situasional tersebut. Pasalnya, jika almarhum diketahui meninggal karena Covid-19 maka  secara tidak langsung virus ini sudah menyebar di masyarakat Agimuga.

“ informasi tersebut disampaikan oleh warga masyarakat agimuga kepada Organisasi Kaum Intelektual Amungsa (OKIA) termasuk salah satu kepala kampung. “ ujarnya.

“ Kalau sudah begini kan masyarakat Agimuga panik dengan apa yang terjadi. Kami mendesak pihak Covid-19 dalam waktu dekat ini segera naik ke Agimuga termasuk kasus hari Senin kemarin turun periksa semua, ambil tindakan dan jangan biarkan saja sampai kami masyarakat Amungme habis,"ujarnya. 

Menindak lanjuti situasi tersebut, Yohanes Kemong bersama tokoh masyarakat Suku Amunge menemui Wakil Bupati Mimika Yohannes Rettob. Mereka meminta pemerintah daerah segera menyikapi keadaan ini. Apalagi Agimuga dan distrik-distrik terluar lainnya berada dalam kategori zona hijau.

“Kami ketemu Wakil Bupati Mimika, Bapak Yohannes Rettob untuk sampaikan keadaan ini. Kenapa? Karena kalau lama dibiarkan maka kami tidak tahu mau bilang apa lagi dengan masyarakat kami di Agimuga. Kami sudah sampaikan banyak hal ke beliau dan kami minta untuk segera dapat respon dari Tim Gugus Tugas,” ungkapnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika