Main Area

pesparawi xiii
Klemen Tinal, Wakil Gubernur Propinsi Papua

Main

Nurman Karupukaro Lobby Kemenhan RI, Mimika Dijatah 200 Personil KomCad

Timika,TabukaNews.com - Ketua Fraksi Gerindra DPRD Mimika Nurman Karupukaro mengimbau warga Mimika yang berkerinduan untuk bergabung dengan TNI untuk mendaftarkan diri sebagai Komponen Cadangan (KomCad) di Koramil Kota Timika. 

Kepada awak media, Minggu (30/5), Nurman yang terkenal dekat dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto itu menjelaskan program dari Kementerian Pertahanan RI, Komponen Cadangan  merupakan sumber daya nasional yang akan disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

“Bagi warga Mimika yang rindu untuk bergabung dengan TNI dalam usaha pertahanan bela negara, dapat mengikuti program KomCad, Komponen Cadangan Matra TNI,” ujar mantan personil Kopassus itu.

Sebagai orang yang berhasil melobby langsung program ini, kata Nurman, Kabupaten Mimika mendapat kuota 200 orang.

Adapun persyaratan rekrut KomCad ini adalah laki-laki berusia minimal 18 tahun maksimal 35 tahun saat pembukaan Pendidikan Dasar Militer pada 21 Juni 2021.Berijazah minimal SMP sederajat.

Bagi mahasiswa ada persetujuan dari rektor atau dekan.Bagi ASN harus mendapat izin dari pimpinan.Mengikuti seleksi yang diselenggarakan panitia.

Nurman mengimbau warga berminat dapat mendaftarkan diri di Koramil Kota setiap jam kerja mulai 1 Juni 2021.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Mimika Nurman Karupukaro menambahkan, dari kuota 200 orang yang lulus dari Kabupaten Mimika merupakan percontohan bagi daerah-daerah lain. Nantinya akan ada pelatihan militer selama 3 bulan dan dikelompokkan menjadi KomCad matra darat, laut dan udara.

Program ini bukan wajib militer namun pada pengabdian dalam usaha pertahanan negara. Personil KomCad akan mengabdi hingga usia 48 tahun, dengan pangkat sesuai golongan yang diatur di matra-matra TNI.

Menjadi KomCad berhak menerima uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, perawatan kesehatan, jaminan sosial kerja, tunjangan operasi saat mobilisasi, penghargaan dan pangkat sesuai golongan yang diatur di matra-matra TNI. Di tahun 2021 ini Kementerian Pertahanan berencana merekrut 25 ribu orang Tentara Cadangan dari warga sipil. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika