Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Monitoring Covid-19, DPRD Mimika Bentuk III Tim Satgas

 

Timika, TabukaNews.com –  Sebagai bentuk tangungjawab dan dukungan dewan dalam pengawasan maka, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Senin (4/5/20), membentuk III tim satuan tugas (satgas) yang akan bekerja selama 14 hari terhitung sejak 6 mei hingga 14 mei 2020, mengawasi seluruh  instansi yang terlibat langsung didalam Tim gugus tugas Pencepatan pengendalian Covid-19 di Mimika.  

Kesepakatan dibentukan tim satgas itu dilaksanakan di ruang Serba Guna kantor DPRD Mimika,Papua.  Dipimpin langsung Ketua DPRD Mimika, Robby K Omaleng, S.IP, MA didampingi Wakil Ketua I, Aleks Tsenawatme, S.SB  dan Wakil Ketua II, Yohanis Felix Helyanan,SE serta dihadiri hampir seluruh anggota dewan.

Ketua DPRD Mimika Robby K Omaleng mengatakan bahwa sebagai bentuk tanggungjawab dewan yang dalam tugasnya memiliki fungsi dan pengawasan harus dapat melaksanakan fungsi pengawasan yang melekat di anggota dewan walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Kita harus turut melakukan pengawasan dan berkoordinasi dengan seluruh instansi atau lembaga yang terlibat dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 kabupaten Mimika. Namun tidak melakukan intervensi terkait tugas tugas TGTPP,” jelasnya. 

Namun, kata Robby justru mendukung dan berkoordinasi tentang hal hal apa yang menjadi kendala yang mereka hadapi, untuk mengetahui kelancaran tugas dan tanggungjawab TGTPP, selain fungsi control sehingga memperlancar tugas dalam penanganan, dampak dampak dari Pandemi Covid-19. 

Dalam penetapan tim satgas tersebut,  ketua DPRD Mimika memimpin Tim I dengan beranggotakan 11 anggota dewan dengan garis koordinasi yang meliputi, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dinas Kominfo, Distrik Iwaka dan Distrik Mimika Baru.

Sementara Tim II sebagai pendamping adalah Wakil Ketua I, yang terdiri dari 11 orang anggota dengan garis koordinasinya meliputi, Dinas Pendidikan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Distrik Kwamki Narama dan distrik Kuala Kencana.

Sedangkan Tim III didampingi langsung Wakil Ketua II, beranggotakan 10 anggota dewan  dengan garis koordinasinya dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Distrik Mimika Timur dan Distrik Wania.

Wakil Ketua II, Yohanis Felix Helyanan,SE menambahkan, tim ini nantinya selain melakukan tugas pokok pengawasan dan berkoordinasi dengan instansi teknis terkait penanganan covid-19, juga sekaligus mengangawasi dan memastikan pennyaluran bantuan sembako kepada seluruh warga kabupaten Mimika.

“Tim ini akan mengawasi secara langsung mengawasi pendistribusian bantuan sembako dengan berkoordinasi dengan pemerintah melalui tim teknis dari OPD yang mendistribusikan sembako. Tim Satgas ini akan turun langsung ke warga untuk mendengarkan keluhan dan memastikan bantuan itu benar benar sampai ke warga,” ungkap Waket II.

Sehingga, Pimpinan dan Sekretariat Dewan akan segera mempersiapkan apa yang menjadi kebutuhan dan memastikan untuk turun ke lapangan hingga mengkoordinasikan dengan OPD teknis untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat. 

Sementar Wakil Ketua I , Aleks Tsenawatme menuturkan anggota Dewan turun ke lapangan dan bertemu warga memastikan tidak ada bantuan berupa dana, tetapi mungkin untuk mendukung kegiatan dewan ada Bahan Makanan yang melekat di kegiatan setiap dewan.

“Kita turun itu hanya ingin memastikan bagaimana kondisi masyarakat selama masa pandemic Covid-19, dan memastikan penyaluran bantuan sembako dan langkah langkah pencegahan penularan virus Corona ini dapat diatasi. “ ungkap Aleks. 

Menambahkan,  Jadi dewan turun itu tidak ada bantuan berupa uang, namun sebagai pendukung kegiatan dewan yang seperti biasa dalam kegiatan dewan. Karena bantuan dana cash dan sembako itu akan disalurkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika