Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Minimnya Perhatian Pemkab Mimika Terhadap Pembangunan di Kwamki Baru

Timika,TabukaNews.com  - Miris. Legislator Mimika Komisi C Novian Kulla mengeluhkan minimnya perhatian pemerintah terhadap pembangunan infrastruktur jalan di  pemukiman warga di daerah di Kwamki Baru, Kelurahan Kwamki. Padahal daerah itu berada di pusat Kota Timika dan merupakan kantong hunian warga asli Mimika.

“Kwamki Baru sebagai wajah Kota Timika butuh sentuhan pembangunan. Apalagi menghadapi PON dan Pesparawi di Kabupaten Mimika, jangan sampai kita malu karena meninggalkan kenangan yang tidak baik bagi para tamu dari luar daerah,” ungkap Legislator asal Partai Nasdem itu saat Kunjungan Kerja Komisi C DPRD Mimika ke Kantor Bappeda Mimika pada Rabu (14/4).

Daerah yang merupakan cikal bakal Kabupaten Mimika itu selalu luput dari program pemerintah, jalanan rusak tidak ada drainase dan juga tidak punya lampu penerangan jalan. Sudah bertahun-tahun jalanan itu tidak mendapat sentuhan pembangunan.

Novian meminta Bappeda Mimika untuk mencatat kenyataan di lapangan itu sehingga bisa didorong ke Dinas Pekerjaan Umum agar jalan-jalan itu bisa ditingkatkan infrastrukturnya. Selain itu Novian yang juga duduk di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Mimika berkomitmen akan mengawal program pembangunan di Kwamki Baru kendati dirinya bukanlah Legislator dari Dapil Satu wilayah Kwamki Baru. “Walaupun saya tidak dari Dapil Satu, tapi saya akan perjuangkan. Teman-teman dari Dapil Satu juga sudah masukkan dalam Pokir tapi tidak diakomodir sampai sekarang,” ujarnya kesal.

Menurutnya Kwamki Baru sebagai wajah dari Kabupaten Mimika harus diperbaiki, apalagi dalam hajatan iven nasional PON 20 Papua dan Pesparawi 13 Tanah Papua, Mimika akan kedatangan banyak tamu dari luar daerah. "Rasanya kita akan malu besar kalau infrastruktur yang amburadul itu jadi kenangan dari para tamu untuk dibawa pulang ke daerah masing-masing," lirihnya.

Hal senada juga dilontarkan Ketua Komisi C DPRD Mimika Elminus Mom yang menyatakan Kwamki Baru dan Kwamki Lama adalah dua pemukiman warga asli Amungme dan Kamoro Mimika yang seharusnya mendapatkan perhatian khusus karena merupakan domisili warga tuan rumah.

“Kwamki Baru dan Kwamki Lama itu merupakan kota pertama di Timika. Tidak ada alasan untuk tidak menyentuh pembangunan di sana. Pemerintah harus adil dan berpihak pada dua lokasi pemukiman mayoritas penduduk orang asli Amungme ini,” ujar Legislator Senior Partai Gerindra itu. 

Dari pantauan wartawan, jalan lorong yang berada di belakang Eks Pasar Minggu serta jalan lorong yang menghubungkan Jalan Trikora ke arah Polsek Mimika Baru, juga jalan depan Puskesmas menghubungkan ke Jalan C. Heatubun nampak rusak parah. Serta jalan tengah yang menghubungkan jalan lorong Eks Hotel Amole menuju Jalan Yos Sudarso juga kondisi tailingnya juga sudah rusak. Butuh perhatian pembangunan pemerintah.

Dalam Kunker 14 April itu hadir Ketua Komisi C Elminus Mom, Wakil Ketua Marthinus Walilo, Sekretaris Saleh Al-hamid serta Legislator Komisi C lainnya : Aser Murib, Semual Bunai, Leonardus Kocu, Amandus Gwijangge, Yulian Salossa, Sasiel Abugau, Novian Kulla. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika