Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Mimika Perlu Punya Perda Zakat

Timika,TabukaNews.com- Kabupaten Mimika perlu mencontoh Perda Zakat yang ada di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Legislator DPRD Mimika Haji Iwan Anwar yang juga Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Mimika menilai potensi besar pengumpulan zakat di Mimika sehingga bisa dikelola lebih baik demi kepentingan, kemaslahatan bersama seluruh umat di Mimika.

Umat yang dimaksud bukan hanya terbatas pada Umat Islam Mimika saja tapi seluruh penduduk di Mimika pada umumnya.

“Kabupaten Mimika dinilai bisa menjadi pengumpul Zakat yang besar, sehingga perlu meniru Kabupaten Barru,Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki Perda Zakat,” ungkapnya kepada wartawan,Senin (3/5).

Iwan mencontohkan, pada saat terjadi gelombang pengungsi dari Banti, Tembagapura beberapa waktu lalu diberi bantuan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mimika, yang diperoleh salah satunya dari pengumpulan zakat dan sumbangan lainnya. Ini merupakan bukti bahwa penggunaan dana dari pemberi zakat atau Muzakki Umat Islam berguna bagi kebutuhan umat lintas agama. 

“Malah waktu itu Baznas yang pertama memberikan bantuan, waktu di Eme Neme itu. Ini bisa digunakan bagi kepentingan umat. Siapa itu umat? Bukan hanya umat Muslim tapi juga semua yang tinggal di Mimika disebut umat,” jelasnya.

Zakat tidak hanya digunakan secara inklusif saja tapi bisa dipergunakan untuk kepentingan umum dan pengembangan ekonomi kerakyatan.

Seperti yang diketahuinya di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, lewat Perda nomor 09 tahun 2017 Tentang Pengumpulan Zakat, Baznas setempat dalam setahun bisa mengumpulkan sekitar Rp18 Miliar. Dana tersebut dikelola Baznas setempat yang diatur Perda tersebut bagi kepentingan orang banyak.

Haji Iwan Anwar Legislator Komisi A DPRD Mimika asal Partai Golkar itu menambahkan, kendati Kabupaten Mimika bukan merupakan daerah Islam namun potensi Perda Zakat tersebut bisa didiskusikan di internal DPRD Mimika dan bahkan bersama pemerintah, karena manfaatnya bagi masyarakat Mimika diperkirakan akan sangat besar yaitu seperti menambah PAD,(Penghasilan Asli Daerah) Mimika. Apalagi Kabupaten Mimika sebagai daerah penghasil tambang tembaga dan emas yang terkenal seantero Indonesia, berpotensi menjadi pengumpul zakat yang besar, yang bisa dikelola untuk kemaslahatan umat. Bagi Umat Muslim Mimika dan juga umat beragama lainnya di daerah ini. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika