Main Area

pesparawi xiii
Klemen Tinal, Wakil Gubernur Propinsi Papua

Main

Maknai Hari Raya Kurban, KKL Raya Kabupaten Mimika Kurbankan 1 Ekor Sapi

 

Timika,TabukaNews.com - Dalam rangka memaknai hari raya Idul Adha 1442 Hijriah, Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKL Raya) Kabupaten Mimika mengurbankan seekor sapi yang dibagikan kepada warga KKL Raya yang beragama Muslim.

Ketua KKL Raya Samuel Bertus Rapang kepada wartawan di Jalan Cenderawasih belakang Hotel 66, Selasa (20/7) mengatakan, bahwa selaku warga perantau asal Tana Luwu yang kini merantau di Timika selalu menjunjung tinggi kekeluargaan.

"Kami perantau dari Tana Luwu selalu menjunjung tinggi kekeluargaan, meskipun kami berbeda agama, suku serta latar belakang, namun kami selalu kompak dan bersatu," tuturnya.

Memaknai hari raya Idul Adha 1442 Hijriah tahun ini, pihaknya mengurbankan seekor sapi yang disumbangkan secara pribadi oleh Ibu Matilda Toban (Mama Sefanya Omaleng).

"Terima kasih kami ucapkan kepada beliau yang telah menyumbangkan seekor sapi untuk dikurbankan. Karena beliau orang asli Luwu, beliau ingin berbagi kasih kepada warganya yang beragama Muslim," katanya.

Sesuai dengan tradisi turun temurun yang dilakukan oleh KKL Raya, dimana pada perayaan Natal, semua warga KKL Raya ikut merayakan. Demikian pula sebaliknya pada saat hari raya Umat Islam, semua warganya juga ikut merayakan.

"Itu kami lakukan untuk memupuk dan memperkuat toleransi, karena kami berasal dari berbagai agama yang berbeda," paparnya.

Dijelaskan, bahwa daging kurban dibagi ke masing-masing komisariat, yang nantinya dibagikan oleh ketua komisariatnya. Dirinya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemuda KKL Raya yang bertugas menyembelih hewan kurban tersebut.

"Perlu diketahui, KKL Raya terdiri dari 4 komisariat, yakni Kabupaten Luwu, Kota Madya Palopo, Kabupaten Luwu Utara dan Luwu Timur serta 3 badan otonom yakni Persekutuan Seriti, Rantai Damai-Suka Damai dan Persekutuan Patte'ne'," imbuhnya (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika