Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Lakukan Reses, Ketua DPRD Mimika Tampung Aspirasi Masyarakat

Timika,TabukaNews.com - Ketua DPRD Mimika, Robby Kamanial Omaleng melaksanakan reses tahap I Tahun 2021 di Daerah Pemilihan (Dapil) II, Rabu (31/3), untuk menampung aspirasi masyarakat.

Kegiatan diadakan di Kantor Kelurahan Timika Indah ini dihadiri Kepala Distrik Mimika Baru, Dedi D Paokuma dan Kepala Kelurahan Timika Indah Anselmus Teturan.

Richard Lakasa, warga Timika Indah dalam kegiatan reses ini menyoroti masalah kebersihan lingkungan.

Ia meminta adanya wadah khusus yang dipakai sebagai tempat pembuangan sampah sementara. Selain itu ia juga meminta agar kendaraan tiga roda difungsikan  mengangkut sampah warga.

Ia juga menyoroti masalah bantuan pemerintah seperti Raskin atau BLT yang belum sepenuhnya menyentuh langsung warga kurang mampu. Bahkan mereka yang seharusnya menerima, kini tidak lagi menerimanya.

"Ini masalah yang kami hadapi disini. Kami minta Ketua DPRD Mimika mendengar aspirasi ini dan dilanjutkan kepada Dinas Sosial dan DLH agar jadi perhatian mereka," ujarnya.

Deny Renyut, warga lorong Perintis mengusulkan agar pihak distrik dan kelurahan bersama warga membangun Pos Peka seperti yang telah dilakukan oleh kampung dan kelurahan lainnya demi menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Saya lebih fokus pada masalah keamanan. Jalan Kesehatan ini namanya bagus karena ada kata sehat tapi sebenarnya kita di sini lagi sakit karena banyak anak mabuk. Kami minta harus ada pos tanggap untuk antisipasi gangguan kamtibmas," harapnya.

Yuliana Rambulamba, warga RT 12 menyoroti masalah kurang adanya perhatian terutama dalam hal pemberian kesempatan kerja kepada masyarakat OAP.

Ia juga meminta adanya perhatian dari instansi teknis untuk pengadaan bantuan alat pertanian bagi masyarakat.

"Percuma saja kalau pembangunan, penerangan, kesehatan jalan tapi kondisi mereka kesulitan membiayai hidup. Kalau bisa warga kami ini diberikan kesempatan untuk mendapatkan kerja apalagi disana rata-rata OAP yang harus diprioritaskan," kata Yuliana.

Warga dari RT 04, Paulus Wenehenubun kepada Ketua DPRD mengusulkan agar jalan masuk di wilayahnya tailing atau aspal karena sudah lama tidak diperhatikan.

Selain itu ia juga mengusulkan untuk pemekaran RT, sebab dengan jumlah kepala keluarga yang sudah mencapai 150 KK mengakibatkab cakupan pelayanan semakin luas.

"Di lorong kami itu ada jalan yang belum di aspal dan juga jumlah kepala keluarga sudah mencapai 150 KK kalau bisa dimekarkan," harapnya.

Menanggapi usulan warga Kelurahan Timika Indah terlebih khusus BLT dan penanganan sampah.

Usai mendengar aspirasi warganya, Ketua DPRD Mimika Robby Kamaniel Omaleng kemudian memberikan jawaban terhadap semua persoalan yang disampaikan.

Dari sejumlah aspirasi, saran dan masukan yang disampaikan, mengutip pernyataan Ketua DPRD Robby Omaleng terkait persoalan BLT dan sampah.

Robby mengatakan masalah warga yang tidak diakomodir dalam bantuan pemerintah terutama BLT, letak kelemahannya ada pada data penerima manfaat di Dinas Sosial.

Ia akan meminta instansi terkait agar ke depan memperbaikinya sehingga keakuratan data base dapat di pertanggungjawabkan dan harus dimulai dari pemerintah tingkat bawah.

"Saat melakukan pendataan harus akurat agar bisa mengakomodir seluruh masyarakat sehingga data yang di kirim ke pusat ada, nama mereka yang berhak dapat. Kemarin sudah ada sensus, data itulah yang harus dipakai," tegasnya.

Robby juga mengatakan bahwa masalah sampah adalah masalah semua orang, baik pemerintah maupun masyarakat.

Menurutnya, dalam pengelolahan sampah juga seharusnya melibatkan pemerintah tingkat bawah seperti RT hingga kelurahan.

"Ini perlu diberdayakan kembali. Karena jumlah penduduk terus bertambah maka otomatis volume sampah juga bertambah. Saya akan sampaikan ke dinas teknis supaya bekerjasama dan memberdayakan kembai para RT," ujarnya. (Markus)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika