Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Kunker Komisi A Temui OPD Kekurangan Anggaran

Timika,TabukaNews.com - Komisi A DPRD Mimika melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dengan mengunjungi sejumlah OPD mitra di lingkup Pemkab Mimika. Terbaru pada  Kamis (15/4) Komisi itu mengunjungi Bagian Perekonomian Setda Mimika di Kantor Sentra Pemerintahan SP 3.

Dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Ketua Komisi A Daud Bunga mengungkapkan dari hasil kunjungan pengawasannya itu diketahui bahwa kendala teknis pelayanan di OPD-OPD dikarenakan anggaran yang minim. Hal ini dimakluminya sebab di tahun ini Mimika masih berkutat seputar penanggulangan Covid-19 dan juga menyukseskan diri sebagai tuan rumah  PON 20 Papua dan Pesparawi XIII se Tanah Papua.

“Kunjungan Kerja Komisi A ke OPD Mitra menjumpai masalah kendala minimnya anggaran bagi operasional OPD serta masih banyaknya program OPD yang tumpang tindih,” ungkapnya pada awak media (15/4).

Selain itu Legislator Partai Nasdem itu juga menyoroti gemuknya struktur  OPD personil di lingkup Pemkab Mimika yang berimbas pada pemborosan anggaran daerah.

Menurutnya pemerintah perlu melakukan perampingan tanpa meninggalkan maksimalnya fungsi OPD dalam melakukan pelayanan bagi masyarakat Mimika.

“Sorotan lainnya adalah masih banyak program OPD yang tumpang tindih, sehingga butuh sinergisitas antar OPD dalam mengakomodir program pembangunan,” sebutnya.

Ia juga mendorong pada pimpinan OPD untuk memilah program berdasarkan prioritas, urgensi dan kebutuhan sehingga program yang terbiayai benar-benar yang membawa dampak bagi operasional OPD maupun bagi pembangunan di Mimika.

Hal ini disarankannya dalam rangka masuk di APBD Perubahan tahun ini, sehingga OPD bisa beroperasional. Terobosan dan inovasi yang dilakukan OPD diakuinya membutuhkan sokongan dana bersumber dari ABPD pemerintah.

Daud Bunga Ketua Komisi A DPRD Mimika asal Partai Nasdem itu menambahkan, hampir semua kantor OPD yang berlokasi di Sentra Pemerintahan SP3 Kantor Bupati, membutuhkan sentuhan perbaikan renovasi. “Karena dari tinjauan langsung di lapangan, para Legislator menemui kendala ruangan pelayanan OPD terlalu sempit dan tidak mempunyai ruangan rapat. Membutuhkan rehab karena sudah banyak kerusakan juga. Namun kembali lagi anggaran daerah masih berkutat untuk 3 hal utama yaitu suksesi PON dan Pesparawi serta pengendalian Covid-19,” tandasnya.

Selain Ketua Daud Bunga, turut hadir dalam Kunker 15 April itu Wakil Ketua Komisi A Nataniel Murib, srta Legislator lainnya Iwan Anwar, Thobias Maturbongs, Yustina Timang, Reddy Wijaya, Mariunus Tandiseno, Miller Kogoya. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika