Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Komisi B DPRD Mimika Soroti Pungli di Pelabuhan Rakyat

Timika,TabukaNews.com - DPRD Mimika Tanzil Azharie menyoroti Pelabuhan Rakyat (Pelra) Pomako belum membawa penghasilan signifikan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mimika. Demikian diungkapkannya dalam sesi dialog dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi B DPRD Mimika dengan OPD teknis, (13/4)  di Pomako, Distrik Mimika Timur. 

Sekretaris Komisi B asal Pertai Gerindra itu mengatakan, sudah beberapa kali kunjungan serupa namun belum ada pergerakan Dinas Perikanan dalam membawa penghasilan daerah seperti hal retribusi kapal sandar dermaga dan retribusi sampah. 

Tanzil menilai Dinas Perikanan jalan di tempat. “Kami datang masih sama saja dengan kemarin kami datang. Seharusnya kapal masuk kita bisa dapat pajaknya, buang sampah bisa ada biaya. Hal-hal ini yang membuat Mimika hanya jadi penonton dan tidak menikmati kekayaan laut Mimika itu sendiri,” tegas Tanzil.

Demikian pula aduan warga sebelumnya tentang pungutan liar (pungli) terkait penurunan ikan di pelabuhan itu masih terjadi dan belum ada tindak lanjut sejak kunjungan Komisi I DPR RI Yan Mandenas beberapa waktu lalu.

“Pungli itu mengenakan biaya seribu sampai lima ribu rupiah per kilogram ikan yang hendak keluar dari Pelabuhan Pomako. Ada berapa ton ikan beredar di sini? tanya Tanzil.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Leentje Siwabessy di kesempatan yang sama mengatakan, sebagai pimpinan OPD dirinya akan menindak tegas dengan memberhentikan oknum jajarannya yang kedapatan melakukan Pungli.

 “Coba langsung saja dewan tunjuk dengan jelas oknum bersangkutan agar dapat ditindak, sehingga tidak ada lagi pundi negara yang bocor. Saya bersumpah tidak pernah menerima uang itu,” tegasnya. 

Sementara itu Ketua Komisi B DPRD Mimika, Rizal Patadan mengungkapkan pihaknya siap untuk mendorong kenaikan anggaran di Dinas Perikanan Kabupaten Mimika termasuk untuk pengelolaan Pelra Pomako sehingga bisa membawa penghasilan bagi peningkatan PAD Mimika. “Ke depan coba ibu kepala dinas komunikasikan dengan kami supaya kami bisa tahu ada kendala apa. Kalau ibu diam saja, mana bisa kami dorong anggarannya? Ini semua untuk mewujudkan kemajuan ekonomi bagi daerah dan rakyat Mimika,” ungkapnya.

Dalam Kunjungan Kerja itu selain Ketua Komisi Rizal Patadan turut bersama-sama Wakil Ketua Herman Gafur, Sekretaris Tanzil Azharie, Ancelina Beanal, Mery Pongutan, Matius Yanengga, Aloysius Paerong, Anton Palli. (Tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika