Main Area

pesparawi xiii

Main

KNPI Mimika Gandeng Perpusda Kembangkan Perpustakaan Kampung Nawaripi

 

Timika, TabukaNews.com -  Pembangun perpustakaan kampung yang diinisiasi oleh Kepala Kampung Nawaripi, patut diapresiasi dengan tujuan agar masyarakat dapat berkembang dari segi pengetahuan.

Hal itu didukung penuh oleh Organisasi Pemuda di kabupaten Mimika, melalui Sekretaris KNPI Suraya Madubun mengatakan kedepan pihak Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Mimika akan memberi dukungan untuk perluasan ruangan perpustakaan maupun penambahan jumlah buku

"Saya melihat ini adalah sebuah terobosan yang bagus dari kepala kampung yang mana sebagai seorang pimpinan di kampung melihat segala kebutuhan yang ada di masyarakat," kata Suraya saat ditemui di perpustakaan keliling, Sabtu (28/3/20).

Menurutnya Inisiatif sendiri yang lahir dari kepala kampung Nawaripi Norbertus Ditubun patut diacungi jempol, semoga kamapung kampung yang lain juga mengikuti.

Ia menjelaskan, berdirinya sebuah fasilitas umum yang berguna bagi masyarakat menjadi salah satu tolak ukur yang menandakan bahwa kampung tersebut sedang berkembang, dan tentunya akan menarik perhatian anak-anak di kampung walaupun saat ini perkembangan teknologi membuat perpustakaan menjadi kurang berminat.

"Perpustakaan ini menjadi salah satu tolak ukur, menjadi anak yang cerdas yang memiliki kemampuan jika sarana dan prasarana itu tidak ditunjang salah satunya adalah perpustakaan," jelasnya.

"Setelah melihat secara langsung saya berpikir bahwa perlu sumbangsi atau support dari kita semua agar ini bisa menjadi salah satu kampung percontohan supaya di kampung - kampung lain bisa melakukan hal seperti ini kalau secara kasat mata si kita lihat sudah cukup nyaman tetapi harus ada perluasan ruangan lagi dan juga ditambah jumlah bukunya saat ini baru ada ada 2000 buku dan itu masih kurang sekali," tambahnya.

Untuk mengembangkan perpustakaan kampung, pihaknya akan berkerjasama dengan pihak Perpustakaan daerah untuk penambahan jumlah buku bacaan dari tingkat SD, SMP, SMA, ekonomi, sosial, politik, cerita rakyat dan berbagai buku pengetahuan, sedangkan pihak pemkam akan memperluas ruangan belajar.

"Mungkin ke depan kita KNPI akan mencoba untuk berkontribusi dan bekerjasama dengan kepala kampung Bagaimana supaya gejala fisik perpustakaan ini bisa lebih nyaman bisa lebih berkualitas dan lebih banyak bukunya," ungkapnya. (Tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika