Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Ketua ICMI: Umat Muslim Mimika Diimbau untuk membayar Zakat

Timika, TabukaNews.com - Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Mimika Haji Iwan Anwar mengimbau umat Muslim untuk membayar zakat, baik zakat mal dan zakat fitrah serta memperbanyak infaq dan sedekah di bulan puasa Ramadhan ini.

Kepada wartawan Iwan yang kesehariannya juga sebagai Legislator Komisi A DPRD Mimika asal Partai Golkar itu mengungkapkan, di bulan puasa ini segala perbuatan baik dilipatgandakan pahalanya, sehingga umat diimbau memanfaatkan waktu yang baik ini.

Umat Islam di Kabupaten Mimika diimbaunya juga membayarkan zakat di Mimika bukan di kampung halaman, sebab dari Mimika sinilah kita mendapat rezeki dan seharusnya juga digunakan untuk membantu para mustahik atau orang yang berhak menerima zakat di Mimika ini juga.

Selain itu umat diminta untuk tidak sembarangan membawa zakatnya, tapi pada Badan Amil dan Zakat Nasional atau Baznas yang memiliki 74 Unit Pengumpul Zakat yang tersebar di seputaran Kota Timika sampai di pinggiran kota. Ada juga Lembaga Amil Zakat di masing-masing   masjid setempat.

Ketua ICMI Mimika Haji Iwan Anwar sekaligus Legislator DPRD Mimika itu menambahkan, manfaat zakat amat besar bagi kebaikan umat di daerah ini. Oleh karenanya di bulan Ramadhan ini di mana segala amal dilipatgandakan, para muzakki atau orang yang membayar zakat perlu menyetor kewajiban zakatnya.

Lagi kata Iwan, tujuan dari berzakat bukan sekadar menunaikan kewajiban, tapi juga untuk membersihkan harta, menyucikan diri, serta berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

Adapun besaran zakat mal adalah 2,5 persen dari kekayaan penghasilan yang bisa dikumpul setahun ini, serta zakat fitrah sebesar 35 ribu rupiah atau 4 liter beras per satu jiwa. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika