Impek 2023
Impek 2023
Impek 2023
Impek 2023

Ketua DPRD Mimika Harapkan Prigram Prioritas Jadi Perhatian Guna Menghadapi Resesi Ekonomi

 Ketua DPRD Mimika Harapkan Prigram Prioritas Jadi Perhatian Guna Menghadapi Resesi Ekonomi

Timika, TabukaNews.com - Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng mengharapkan agar program prioritas yang tertuang dalam APBD Mimika tahun 2023 yang telah ditetapkan untuk mengatasi bagaimana kesiapan dalam menghadapi terjadinya resesi ekonomi tahun depan.

Anton Bukaleng dalam sambutannya pada Rapat Paripurna DPRD Mimika dalam rangka pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan  dan Belanja Daerah (APBD) Mimika tahun 2023 di Grand Mozza Hotel, Rabu, (23/11/2022) mengatakan, dalam tahun 2023 salah satu program prioritas kabupaten Mimika adalah pemberdayaan ekonomi dengan menitikberatkan pada ketahanan pangan lokal, program tersebut sejalan dengan program nasional yaitu percepatan pemulihan ekonomi.

“Kami mengharapkan program prioritas tersebut menjadi perhatian Pemda karena menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan resesi ekonomi tahun 2023 sebagaimana yang disampaikan pakar ekonomi. Jikalau itu memang terjadi, maka kemerosotan ekonomi sangat dirasakan masyarakat luas bahkan untuk pemenuhan kebutuhan primer pun sangat sulit,”tegas Anton Bukaleng.

Upaya pengendalian covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor penguatan pangan lokal, sektor kesehatan, perlindungan sosial bagi masyarakat dan peningkatan SDM, infrastruktur dan sektor lainya juga tetap dilakukan. Namun, program prioritas yang telah disepakati dalam APBD 2023 ini diperhatikan.

Anton mengaku, melalui sidang paripurna ini kiranya dapat dijadikan momentum untuk memantapkan langkah dan saling bersinergi dalam upaya pencapain tujuan pembangunan daerah.

“Nota keuangan yang telah disepakati dalam APBD kabupaten Mimika mencakup rencana pendapatan sebesar Rp 5.130.288.949.668 dan rencana pengeluaraan pembiayaan sebesar Rp 5.125.280.949.668. Penyusunan RAPBD Mimika tahun 2023 sudah sesuai dengan Permendagri nomor 84 tahun 2022, tentang penyusunan  APBD tahun anggaran 2023 yang mengacu pada program rencana pemerintah tahun 2023, RPJMD,RPKD tahun 2023, maupun KUA dan PPAS yang telah disepakati,”jelasnya.

Dikatakan Anton Bukaleng, bahwa untuk mewujudkan semua program bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, namun menjadi tanggungjawab kita semua.

“Sesuai dengan profesi dan tugas kita masing masing, marilah kita bergandeng tangan, berpartisipasi melakukan yang terbaik agar dapat mewujudkan Mimika yang lebih baik,”ajak Anton Bukaleng.

Diakhiri sambutannya, Ketua DPRD Mimika menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah bekerja maksimal dalam menyusun dan mengusulkan Raperda APBD kabupaten Mimika tahun anggaran 2023, yang telah bersama sama menyetujui dan menetapkan APBD. (dzy)

 

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata