Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Ketua DPRD Imbau Warga Tingkatkan Toleransi di Bulan Ramadhan

Timika,TabukaNews.com - Ketua DPRD Mimika Robbi Kamaniel Omaleng mengimbau warga Mimika tetap menjaga toleransi antar umat beragama yang selama ini telah berjalan dan terjalin dengan baik antar umat. 

Umat saling mendukung dalam kebersamaan dengan semangat persaudaraan, seperti Motto daerah Mimika “Eme Neme Yauware”.

Sebagaimana di Hari Raya Paskah umat Nasrani kemarin yang turut dijaga keamanannya oleh umat Islam dan umat beragama lainnya di Mimika, maka di bulan puasa atau Bulan Ramadhan ini giliran umat Nasrani serta umat lainnya yang melakukan pengamanan. 

“Kemarin Paskah umat Islam yang menjaga. Sekarang di bulan puasa juga umat Kristiani yang gantian jaga. Ini kebersamaan yang sudah ada sejak dulu kala,” katanya Rabu (14/4/2021).

Pemerintah melalui dinas teknis juga diminta untuk mengintervensi harga pasar sehingga harga bahan pokok agar tetap normal dan tidak melonjak naik, seperti harga komoditas cabe yang tembus 150 ribu rupiah per kilogram di Pasar Sentral sekarang ini.

“Pengawasan dari dinas serta komunikasi dan imbauan dinas kepada para pedagang akan membuat terjaganya kestabilan harga jelang hari raya Lebaran bulan depan,” sebutnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mimika perlu mengendalikan harga bahan pokok di pasar-pasar dan toko, serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan perlu mengintervensi agar ketersediaan daging dan telur ayam tetap mencukupi kebutuhan konsumsi warga Mimika, demikian pula Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perkebunan serta Kantor Bulog Timika perlu menjalankan perannya sehingga ketersediaan bahan makanan tetap aman di bulan puasa ini, 

“OPD teknis terkait harus bekerja agar stok bahan makanan aman dan yang tak kalah penting harganya harus tetap normal, jangan melambung naik tinggi. Kasihan masyarakat,” harapnya.

Robbi Kamaniel Omaleng Ketua DPRD Mimika asal Partai Golkar itu juga meminta agar para pengusaha dan pedagang di Kabupaten Mimika tidak menggunakan kesempatan dalam kesempitan untuk menaikan harga barang yang membebani warga konsumen di Mimika. 

“Tidak boleh ada permainan penimbunan barang yang berakibat harga barang melambung tinggi,” tegasnya.

Selain itu ia juga mengimbau agar umat Muslim Mimika tetap memperhatikan protokoler kesehatan 3 M waspada Covid-19 ; memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Apalagi ibadah shalat tarawih yang diadakan di masjid-masjid setiap malam yang dilakukan secara berjamaah. “Prokes 3 M itu juga penting dalam menjalankan ibadah selama bulan puasa ini. Semoga kita semua senantiasa sehat,” ungkapnya.

Tak lupa Robbi mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat Islam di Kabupaten Mimika, dengan harapan di bulan suci penuh ampunan ini sekalian diberi rahmat dan hidayah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika