Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Kepala Bappeda: OPD Memiliki Hak Penuh Menjawab Pokir Dewan.

Timika'TabukaNews. Com - Kepala Bappeda Mimika Yohana Paliling mengungkapkan dalam penyusunan anggaran 2022 pihaknya hanya merekap program-program yang masuk dari OPD-OPD pemerintah saja. Sedangkan yang mempunyai andil untuk menjawab Pokir Dewan adalah OPD teknis bersangkutan lewat programnya. Hal ini sebagaimana prosedur terintegrasi terbaru di mana semua program harus masuk di dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Dikatakan, masih ada waktu sebelum program itu dibawa ke pihak Pemerintah Provinsi Papua dalam satu minggu ini. Bappeda bersedia membantu mengkordinasi Pokir Dewan pada OPD, namun persetujuannya kembali berada sepenuhnya di OPD bersangkutan.

Dalam presentasi kepada Anggota Komisi C DPRD Mimika, yaitu untuk Tahapan Pengelolaan Data Pokir DPRD di SIPD, dikatakan bahwa Bappeda hanya memfasilitasi secara aplikasi SIPD sedangkan masing-masing OPD yang memiliki hak penuh dalam menerima atau menolak usulan Pokir Dewan. 

Dalam SIPD tahap penginputan usulan Pokir dilakukan oleh setiap Anggota Dewan, yang kemudian divalidasi oleh operator Sekretaris Dewan, Mitra Bappeda, OPD terkait dan terakhir validasi oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sehingga Pokir Dewan terakomodir menjadi Rencana Kerja (Renja) OPD. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika