Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Kemana Anggaran Penanganan Covid-19 Kabupaten Mimika Rp 172 Milyar

 

Timika,TabukaNews.com – Alokasi anggaran untuk penanganan corona virus Disease (covid-19), senilai Rp 172 milyar banyak di perbincangkan warga maupun nitizen kemana anggaran tersebut bahkan sebagian warga sampai saat ini belum menerima sumbangan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika. 

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob,  menjelaskan dana tersebut diperuntukan untuk mendukung 3 hal yakni pengendalian, pencegahan dan penanganan untuk kesehatan. 

Selain itu juga dana tersebut juga digunakan untuk ketahanan ekonomi (UMKM) sebagai stimulan untuk membeli barang dagangan yang selama ini dibeli oleh dinas terkait dari warga di sekitar pingiran kota seperti sayur mayor dan bakan makanan local lainya yang ditampung di koperasi di jalan Yosudarso.  dan juga untuk jaringan pengamanan sosial melalui bantuan kepada masyarakat.

Saat ditemui di SP2, Kamis (23/04/20) Wabup John menjelasakan sampai sejauh ini hanya dua distrik yakni distrik Wania dan Distrik Mimika barulah yang belum menerima bantuan dari pemerintah daerah. 

“sampai sejauh ini Distrik Mimika Baru dan Distrik wania yang belum menerima bantuan dari pemda, untuk dsitrik laianya dan pesisir sudah didistribusikan untuk pegunungan masih menunggu transportasi,” ungkap Wabup. 

Lanjut Wabup menjelaskan, penggunaan dana terbesar ini salah satunya untuk menyiapkan fasilitas di RSUD seperti penambahan ruangan isolasi, perubahan ruang bangsal dan ruang istirahat bagi perawat yang menangani pasien covid-19.

"Untuk alat pelindung diri (APD) juga tentu yang dibutuhkan tidaklah sedikit, sehingga harus dianggarkan termasuk untuk pembiayaan pengiriman sampel dan lainnya. Sedangkan, untuk obat-obatan sampai saat ini masih dalam bentuk sumbangan,"kata Wabup John.

Wabup juga berterima kepada PT Freeport Indoensia (PTFI) yang akan menyerahkan bantuan berupa perangkat Alat Pelindung Diri (APD), seberat 1,3 Ton. Untuk Pemda Mimika guna mendukung penaganan covid -19 di Kabupaten Mimika. 

"Jadi orang jangan berfikir uang itu untuk apa,  karena biaya terbesar ada di kesehatan dan jaringan pengamanan sosial serta ketahanan pangan. ” ujar Johannes Rettob. 

Sehingga apa yang dilakukan oleh pemeirntha derah adalah untuk penanganan covid-19 di Mimika dan juga untuk kebutuhan masyarakat Mimika. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika