Main Area

pesparawi xiii
Klemen Tinal, Wakil Gubernur Propinsi Papua

Main

Kasus Ujaran Kebencian HG, Polisi Koordinasi Ahli Bahasa-ITE

Timika,TabukaNews.com - Sat Reskrim Polres Mimika melakukan kordinasi dengan para ahli terkait kasus ujaran kebencian yang dilakukan oleh HG (32).

"HG sudah kita amankan. Sekarang ini kita sedang kordinasi dengan ahli pidana, ahli bahasa dan ITE," kata Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Hermanto saat ditemui diruang kerjanya Senin (10/5).

Seperti diberitakan sebelumnya HG (32) salah satu karyawan swasta di tangkap Tim  Satgas Siber Operasi Nemangkawi di Mess Ridge Camp Barak U Freport Mile 72, Tembagapura pada 5 Mei lalu.

HG diduga melakukan tindak pidana pelanggaran undang undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dalam postingan di aku facebook miliknya yang berisi ujaran kebencian dan provokasi. 

Pada tanggal 20 April 2021 sekitar pukul 03:42 WIT, dalam akun  facebooknya bernama Enago Womaki,  HG memposting ujaran kebencian dan provokatif . HG dalam postingan tersebut meminta kepada seluruh masyarakat Papua agar berhati hati karena pandangan aparat TNI-Polri terhadap orang asli Papua semuanya adalah bagian dari kelompok TPNPB-OPM.

Sementara dalam postingannya  pada tanggal 26 Juli 2020  HG dalam postingannya mengatakan bahwa otonomi khusus (Otsus) di Papua telah  berakhir dengan tindakan kekerasan seperti intimidasi, pembunuhan, penganiayaan dan pemerkosaan. 

Atas perbuatannya tersebut pelaku HG dijerat dengan Pasal 45a ayat (2) junto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan terancam  6 tahun penjara.(tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika