Impek 2023
Impek 2023
Impek 2023
Impek 2023

Kadin Mimika Komitmen Sebarluaskan Pemasaran Produk khas Mimika, UMKM Bangkit

 Kadin Mimika Komitmen Sebarluaskan Pemasaran Produk khas Mimika, UMKM Bangkit

Timika, Tabukanews.com – Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Mimika, Abraham HT Raweyai, berkomitmen untuk memasarkan produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Mimika. Hal ini sebagai perwujudan tugas yang diembankan dari Pemerintah Kabupaten Mimika, kepada Kadin, sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk marketing produk UMKM sehingga bisa bangkit dan meningkatkan ekonomi rakyat.

Demikian ditegaskan Raweyai saat ditemui wartawan di sela acara pada peresmian rumah produksi Yapareke Kampung Pomako, Selasa (06/12/2022).

Pria yang akrab disapa Bram itu menjelaskan, sejak dicanangkan hari UMKM pada 5 November 2022 lalu, Kadin telah ditunjuk untuk bertanggung jawab pada hal pemasaran. Dan Kadin telah membantu pemasaran produk UMKM dengan bekerjasama dengan Hotel, Bar sampai ke Ramayana untuk menyediakan tempat khusus penjualan produk UMKM dari Mimika.

“Kebetulan kami KADIN diberi tugas untuk jadi marketing, dengan waktu sebulan ini, mulai 5 november sampai sekarang sudah berdiri 21 Outlet di Timika. Mulai dari hotel sampai ke bar-bar sampai di Ramayana. Bahkan dalam Ramayana Departemen Store yang baru beroperasi beberapa hari sudah ada 12 Outlet UMKM,” ujarnya.

Lagi katanya, dengan komunikasi yang dijalin oleh Plt Bupati Johannes Rettob, untuk merangkul PTFI, BUMN, maupun Swasta untuk berkolaborasi membangun UMKM di Kabupaten Mimika, maka ia optimis perkembangan UMKM Mimik dapat berjalan dengan baik.

Apalagi di tahun 2023 depan UMKM diarahkan untuk daur ulang persampahan. UMKM mengelola limbah sampah hingga memiliki nilai ekonomi tinggi, dan membantu menjaga lingkungan hidup tetap terjaga.

“ Saya rasa jika tahun depan kita jalan UMKM dan sampah, bisa dibayangkan pasti pengangguran akan berkurang, ekonomi masyarakat akan meningkat, sampah memiliki nilai ekonomi bila dikelola dengan baik. Hal ini juga sejalan dengan cita-cita smart city, sampah bersih dalam kota” katanya.

Adapun beberapa produk UMKM yang dihasilkan rumah produksi berupa daun teh mangrove untuk kesehatan, dodol, lulur Mangrove, stik, abon, kripik Tambelo, olahan Buah Merah, dan berbagai produk lainnya.

Sebelumnya Plt. Bupati Johannes Rettob, dalam sambutan pada peresmian rumah produksi Yapareke Kampung Pomako, menunjuk KADIN untuk membantu pemasaran UMKM di Kabupaten Mimika.

“Tugas Kadin dalam hal marketing karena yang paling susah adalah marketing,” tandasnya.(dezy)

 

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata