Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Jumlah Pasien Positif Covid di Mimika Tertinggi di Papua

 

Timika,TabukaNews.com – Juru bicara  satgas Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra menerangkan, untuk kasus pasien positif covid-19 di Mimika hari ini, Senin (20/4/20), belum ada perubahan jumlahnya masih sama dengan hari sebelumnya yakni 32 pasien. 

Dijelaskan, dari 32 pasien tersebut 4 orang dinyatan sembuh tetapi masih dalam pengawasan, 3 pasien meninggal, sementara 19 pasien dalam perawatan sisanya isolasi mendiri. Sementara 32 sampel yang dikirim masih menunggu hasil pemeriksaan leb.

Diketahui bahwa sebelumnya Jubir satgas Covid -19 Provinsi papua menyatakan 31 pasien positif untuk kabupaten mimika setelah di verivikasi oleh tim gugus  kabupaten ditambah satu menjadi 32 pasien untuk mimika.  

“Data yang kami sampaikan adalah data valid . Sebagaimana hasil yang dirilis oleh Provinsi ternyata  setelah diverifikasi dengan RSUD Mimika ternyata ada satu kasus yang belum dirilis dan belum dimasukkan oleh Tim Provinsi Papua yaitu kasus 023 dengan Inisial  LTB.” Ujar Reynold. 

Menurutnya, perbedaan data ini bukan disengaja, pihaknya setelah menerima data juga akan mencocokkan kembali dengan nomor register Rumah sakit yang mengirim sampel yang juga ditembuskan ke Dinkes Kabupaten Mimika.

“Kami juga menerima data yang sama dengan tim gugus Papua tetapi yang memiliki data adalah RS yang merujuk sehingga biar bagaimanapun pemilik data adalah rumah sakit sedangkan kami dan gugus tugas provinsi hanya sebagai pengguna data. ” terangnya.

Dengan peningkatan jumlah pesien positif covid -19, maka  Kabupaten Mimika yang tertinggi di Provinsi Papua dengan jumlah pasien positif Covid-19 terbanyak

Diketahui bahwa tujuh pasien yang baru ditembah kemarin dari peningkatqan status Pasien Dalam Pengawasan (ODP) 026 dengan inisial VSL (23), berdomisili di perumahan Mutiara Regency Timika di Kampung Kamoro Jaya Distrik Wania. 

Sementara PDP 027 seorang pria berinisial KTD (30) beralamat di Sempan Inauga, Distrik Wania. PDP 028 (19) pria inisial PTL domisili di Kebun Sirih Distrik Mimika Baru.  PDP 029 berinisial SLM (27) jenis kelamin laki laki domisili Kebun Sirih Distrik Mimika Baru. 

Sementara PDP 030 berinisial FDS (52) jenis kelamin perempuan berdomisili di Kampung Kamoro Jaya Distrik Wania.  PDP 031 dengan inisial IMS (24) berdomisili di Kebun Sirih Distrik Mimika Baru.  dan PDP 032 inisial PBS (47) seorang laki-laki berdomisili di Kebun Sirih Distrik Mimika Baru. 

Ubra mengingatkan, seluruh pasien yang baru dilaporkan  per minggu (19/4/20) merupakan hasil transmisi lokal dan boleh dikatakan ini merupakan transmisi generasi kedua dari transmisi jakarta.

Sebagian besar seluruh pasien yang dinyatakan positif terlebih dahulu, saling berkaitan erat atau  kontak langsung dengan pasien positif yang lain, sehingga terjadi penularan. 

Cotnoha kasus,  pasien 026 perna melakukan kontak erat dengan kasus 005 yang sudah dinyatakan sembuh. Begitu juga pasien  027 adalah bagian dari kasus sebelumnya, yaitu kasus 006 yang sampai kini masih dalam perawatan. Sedangkan kasus 028 memiliki hubungan erat dengan kasus 017 dan 018, yang merupakan cluster Surabaya. 

Demikian juga dengan kasus 031 dan 032, memiliki hubungan kontak erat dengan kasus 017 dan 018 yang merupakan cluster Surabaya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika