Translate

Redaksi Tabuka News | 13 January 2023

Iven SAC Indonesia Jadi Momen Awal Bangkitnya Prestasi Olahraga Atlet Pelajar Papua, Khususnya Mimika

 Iven SAC Indonesia Jadi Momen Awal Bangkitnya Prestasi Olahraga Atlet Pelajar Papua, Khususnya Mimika

Jakarta, Tabukanews.com – Pelatih Nasional (Pelatnas) Papua, Mokhtar, optimis perkembangan prestasi atlet dari Papua akan meningkat seiring dengan bertambahkan jam terbang para pelajar dari Mimika yang mewakili Provinsi Papua dalam ajang Putaran nasional Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022, di Jakarta, 11-13 Januari 2023.

Menurutnya, hasil yang diraih oleh para atlet pelajar yang dibawa Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) di bawah pimpinan Kepala Dinas, Jacob Toisuta, merupakan langkah awal bangkitnya prestasi di Mimika bahkan Papua.

“Hasil ini merupakan awal dari bangkitnya prestasi adik-adik yang telah berjuang dari Mimika Papua. Bukan gagal atau kalah, tapi merupakan awal terbentuknya karakter atlet. Atlet pemula harus banyak mengikuti iven yang diadakan di daerah maupun nasional. Ini merupakan pelajaran, pengalaman untuk bisa meningkatkan prestasi di kemudian hari,” ujarnya kepada wartawan Jumat, 13/01/2023).

Menurutnya, pembinaan potensi bakat atlet di Pulau Jawa sudah berkembang lebih maju dari di Papua, Mimika. Di mana ia menilai, bakat yang ditunjukkan para atlet muda dari Mimika di ajang kompetisi atletik itu merupakan bakat alam, yang bila dibina secara berkelanjutan akan menghasilkan prestasi yang luar biasa.

“Ini baru pertama mereka berhadapan dengan atlet yang ada di Jawa, yang sudah terlatih. Sedangkan (atelt) dari Papua, (itu) bakat alam. Lepas dari iven ini, mereka pulang dan berlatih lebih keras lagi, membentuk karakter atlet. Mencintai olahraga dan memotivasi diri untuk terus berlatih untuk meningkatkan prestasi,” ungkapnya.

Selain itu, Mokhtar juga berharap, pembinaan para atlet muda itu dapat terus digalakkan pemerintah daerah, sehingga bisa lebih siap dalam menghadapi iven-iven pertandingan selanjutnya. Hasil yang baik datang dari persiapan yang baik pula. Dan hasilnya akan mengharumkan nama daerah, sehingga pemerintah perlu meningkatkan program pembinaan atlet. Apalagi bila Mimika sudah terpisah dari Provinsi Papua ke Papua Tengah, maka tidak diragukan, Kabupaten Mimika menjadi ujung tombak prestasi olahraga barometer Provinsi Papua Tengah.

“Supaya adik-adik kita terus didorong berlatih oleh pemerintah. Ini sudah baik, dari Disparbudpora, mengikutsertakan adik-adik. Saya harap terus berkelanjutan latihan, sehingga tidak nanti kalau ada iven baru mau dipersiapkan. Apalagi nanti Papua Tengah, andalannya pasti Mimika,” tandasnya.(dzy)