Main Area

pesparawi xiii
Klemen Tinal, Wakil Gubernur Propinsi Papua

Main

Edarkan dan Miliki 40 Gram Sabu, Penjual Sate Tertangkap Polisi

Timika, TabukaNews.com - Seorang pria yang keseharian berprofesi sebagai penjual Sate keliling kota Timika berinisial A tak berkutik ditangkap Satresnarkoba Polres Mimika, Senin (17/8) malam ketika mengedarkan sabu-sabu.

Setelah ditangkap, dibawah pimpinan Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata dengan didampingi Kasat Narkoba, AKP Mansur beserta anggotanya melakukan penggeledahan dikediamannya di Jalan Hasanudin tepatnya gang Semangka ditemukan sabu-sabu sebanyak 40 gram.

Saat digeledah dikediamannya,  pelaku mengakui hanya tinggal seorang diri, sementara sang istri bersama tiga orang anaknya ada dikampung halamannya.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, kepada wartawan di lokasi penangkapan, menuturkan bahwa penangkapan terhadap pelaku ini sudah diikuti selama kurang lebih sebulan.

"Jadi kita amankan dia ketika mengedarkan ke seseorang.Setelah itu kita lakukan penggeledahan dirumahnya kita temukan sabu-sabu sebanyak 40 gram," tuturnya.

Dari hasil keterangan sementara terhadap pelaku, kata Era bahwa pelaku mengaku baru pertama kali mengedarkan sabu.

"Sabu-sabu ini didatangkan dari luar Timika.Kita akan kembangkan terus, selain dia siapa lagi rekan-rekannya,"
katanya.

Menurut Kapolres,untuk peredaran sabu-sabu di Timika yang pernah diungkap itu berasal dari beberapa daerah diluar Timika. Oleh karena itu pihaknya tidak akan berhenti untuk mengungkap pengedar-pengedar lainnya.

"Hal ini sangat penting dimasa covid 19 ini jangan sampai kita lengah terhadap peredaran sabu-sabu di Timika. Yang jelas ancaman hukumannya biasa tergantung dari kuantitas berapa besar sabu yang kita amankan," ungkap Era.

Sebagai Ketua RT, Mansur yang hadir menyaksikan penangkapan pelaku yang merupakan warganya mengaku kaget, pasalnya selama ini pelaku diketahui berprofesi sebagai penjual sate dan mengurus ayam.

"Saya tidak tahu kalau dia pengedar sabu-sabu, karena setahu saya dia (pelaku) itu setiap harinya mengurus ayam," ungkapnya

Sementara itu si pelaku berinisial A  saat ditanyai, mengakui baru pertama kali terjun kedunia hitam yaitu mengedarkan sabu.

"Saya baru pertama kali, dan saya terpaksa mengedarkan sabu-sabu karena faktor ekonomi," katanya.

Selain itu dirinya mengakui mengedarkan sabu-sabu tersebut untuk membantu temannya, sehingga barang tersebut dikirimkan dari luar kota Timika.

"Jadi teman yang ada diluar kota Timika itu suruh salah satu temannya yang ada disini untuk antarkan kerumah saya. Kemudian saya edarkan," ujarnya. (Tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika