Main Area

pesparawi xiii
Klemen Tinal, Wakil Gubernur Propinsi Papua

Main

Dua Gembong KKB Yang Terlibat Penembak di Kantor OB Berhasil Dilumpuhkan TNI-Polri

 

Timika, TabukaNews.com - Dua gembong Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang terlibat dalam penembakan Kantor Office Building (OB 1) Kuala Kencana Senin (30/3) lalu berhasil dilumpuhkan hingga tewas oleh anggota gabungan TNI-Polri Kamis (9/4) sekitar pukul 05.30 wit.

Dua gembong KKB yang dilumpuhkan hingga tewas oleh anggota gabungan TNI-Polri ini ketika berusaha melakukan perlawanan dan terjadi kontak tembak pada saat dilakukan penegakan hukum oleh aparat ditempat persembunyian yaitu disebuah Camp yang berada di Jalan Trans Nabire, Kampung Jayanti, Distrik Iwaka Kabupaten Mimika.

Selain menembak mati dua gembok KKB, aparat gabungan juga berhasil mengamankan seorang berinisial IS dilokasi kejadian tersebut. Sementara itu beberapa orang yang merupakan KKB melarikan diri kedalam hutan dengan membawa empat pucuk senjata tanpa membawa barang-barang lainnya.

Sesudah menguasai lokasi tersebut,  team Polres Mimika melakukan olah TKP. Dan dari hasil olah TKP tersebut diamankan beberapa barang bukti berupa 1buah air soft gund merk glock, 1 buah senjata rakitan, 162 butir peluru, 10 buah selongsong, 20 buah HP, 2 buah HT,  3 buah bendera corak bintang kejora, 3 buah kampak, 3 buah busur panah, 90 buah anak panah, 11 buah parang, 7 buah senapan angin dan 11 buah potongan bagian senapan angin.

"Kelompok inilah yang melakukan penembakan di Kantor OB 1 PT.FI di Kuala Kencana,"ungkap Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK melalui releasenya kepada awak media, Kamis (9/4) malam.

Dalam releasenya, Kapolres menerangkan bahwa dilakukan penegakan hukum terhadap KKB dan berhasil melumpuhkan dua orang serta mengamankan barang bukti berdasarkan hasil interogasi ketika berhasil mengamankan penyuplai bama Selasa (7/4) di perempatan jalan Kuala Kencana Mayon.

"Jadi dari hasil interogasi, penyelidikan di lapangan serta dari beberapa informasi yang ada, team melakukan analisa dugaan tempat yang menjadi persembunyian KKB. Selanjutnya aparat gabungan TNI-Polri bergerak cepat dengan melakukan penegakan hukum terhadap lokasi tempat persembunyian KKB tersebut," terang Era.

Dari hasil tersebut, kata Kapolres bahwa pihaknya sudah dapat memetakan lokasi-lokasi serta jaringan KKB.

"Kita tetap akan melakukan tindakan tegas dengan melakukan pegejaran terhadap KKB yang telah melakukan tindakan melawan hukum. Dan untuk mencegah masuknya dukungan bama dan amunisi akan ada peningkatan patroli dan razia,terutama di daerah jalur perlintasan KKB,"kata Era.(Tim)

 

 

 

 

 

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika