Main Area

pesparawi xiii
Klemen Tinal, Wakil Gubernur Propinsi Papua

Main

DPRD Mimika Dukung Langkah Bupati Mimika Hentikan Sementara Aktifitas PON XX

Timika,TabukaNews com - Kalangan DPRD Kabupaten Mimika memberi dukungan atas langkah yang diambil Bupati Mimika Eltinus Omaleng untuk menghentikan sementara aktifitas PON XX Papua di  Kabupaten Mimika, dengan alasan tidak diakomodirnya jumlah dana suksesi PON oleh Panitia Besar PB PON XX Papua. Penghentian ini dilakukan sampai ada kepastian terkait penganggarannya.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua 2 DPRD Mimika Yohanes Felix Helyanan saat dijumpai wartawan di kantornya, Selasa (8/6).

Menurut pria yang akrab disapa Jhon Thie itu, penghentian aktifitas PON di Mimika itu dinilai wajar. Karena Pemkab Mimika merasa sudah mengeluarkan banyak anggaran untuk PON di Kluster Mimika, namun ternyata kurang mendapat perhatian karena dana operasional dari PB PON hanya Rp 78 miliar dari Rp 500 miliar yang diajukan Pemkab Mimika. Anggaran yang diajukan Pemkab Mimika itu untuk menunjang pelaksanaan PON secara maksimal.

Jhon Thie menambahkan, dalam penyusunan anggaran yang berkaitan dengan sukses PON, pihak legislatif dan eksekutif beragumentasi alot dan dalam proses yang menguras banyak energi. Apalagi di tengah sorotan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini yang semua serba kekurangan dana.

Selain itu langkah pemerintah dalam memfokuskan anggaran ke PON itu juga bertujuan agar masyarakat bisa merasakan manfaat, khususnya di bidang perekonomian.

Diharapkan penyelenggaraan PON dapat menjadi penambah penghasilan bagi pengusaha dan pelaku ekonomi serta warga UMKM lainnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika