Main Area

pesparawi xiii
Klemen Tinal, Wakil Gubernur Propinsi Papua

Main

Dinkes Mimika Prioritaskan Vaksinasi Guru, Lansia dan Panitia PON

Timika,TabukaNews.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua dalam waktu dekat akan memprioritaskan pemberian vaksin Covid-19 bagi para guru yang akan mulai menyelenggarakan pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran baru, Juli mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra saat ditemui, Senin( 24/5) mengatakan vaksinasi Covid-19 juga akan menyasar penduduk usia lanjut (lansia), panitia penyelenggara PON XX dan Pesparawi XIII tingkat Provinsi Papua serta masyarakat yang bermukim di sekitar arena pertandingan PON XX.

"Vaksinasi Covid-19 bagi para guru sangat penting karena sebentar lagi pembelajaran tatap muka akan dimulai. Demikian pun dengan panitia yang akan terlibat dalam PON XX, Pesparawi XIII serta masyarakat yang tinggal di sekitar arena PON XX. Kami akan membuka pelayanan secara massal," kata Reynold.

Menurut dia, pemberian vaksin Covid-19 masih terus dilakukan. Setelah liburan Lebaran dan cuti bersama pekan lalu, pihak Rumah Sakit Bantuan TNI AD Timika memberikan vaksin Sinovac kepada 100 purnawirawan TNI.

Sesuai data Dinkes Mimika, jumlah warga Mimika yang sudah menerima suntikan vaksin Sinovac dosis pertama sebanyak 13.246 orang dari target sasaran sebanyak 39.632 orang. Sementara warga yang sudah menerima vaksin lengkap (sampai dosis kedua) baru 9.773 orang.

Reynold mengakui program vaksinasi Covid-19 di Mimika sedikit mengalami keterlambatan semata-mata karena persediaan vaksin yang terbatas yang dikirim oleh Kemenkes ke Dinkes Provinsi Papua di Jayapura dan selanjutnya baru dikirim ke Dinkes Mimika.

"Stok vaksin yang kami terima memang terbatas sehingga ini juga mempengaruhi pencapaian maksimal dalam hal percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Mimika. Padahal dari pekan lalu kami sudah menjadwalkan pemberian vaksin ke beberapa kelompok sasaran, tapi harus ditunda karena vaksin tidak tersedia," jelasnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika