Main Area

pesparawi xiii
Klemen Tinal, Wakil Gubernur Propinsi Papua

Main

Dinas Peternakan Mimika Serahkan 400 Ternak Babi Kepada Warga Asli Papua

Timika,TabukaNews.com - Dinas Peternakan Kabupaten Mimika kembali menyerahkan paket bantuan ternak babi kepada warga asli Papua. Paket bantuan sebanyak 400 ternak babi diserahkan secara simbolis di Gedung Keuskupan Bobaigo, Selasa (11/5).

Selain menyerahkan bantuan ternak, Disnak Mimika juga menyerahkan bantuan bahan kandang serta pakan ternak berupa atap seng dan paku. Kegiatan dirangkaikan dengan pelatihan dasar bagi peternak.

Asisten II Bidang Perekonomian Setda Mimika, Syahrial saat membacakan sambutan Bupati Mimika mengatakan, bahwa pengembangan bidang peternakan semakin menjadi perhatian penting karena adanya program diversifikasi pangan untuk meningkatkan  kualitas gizi masyarakat, yang mana dalam kaitan ini adalah peternakan merupakan sumber produksi pangan yanh berkualitas tinggi yang disertai dengan permintaan konsumsi masyarakat akan produksi ternak.

Dalam rangka memajukan usaha peternakan di Kabupaten Mimika, maka pemerintah daerah tidak akan henti-hentinya memberikan bantuan ternak dan bekal pelatihan bagi pengusaha peternakan, terutama dalam berkaitan dengan meningkatkan populasi dan mutu ternak di Kabupaten Mimika.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Mimika, Yosefin Sampelino mengatakan, bahwa program penyerahan bantuan ternak merupakan program rutin yang dilakukan setiap tahun yang bersumber dari dana Otsus.

"Karena ini dana Otsus, maka penerima bantuan adalah orang asli Papua yang juga kita bantu bahan kandang dan pakan ternaknya. Kita ingin membina putra asli Papua untuk bisa menjadi peternak-peternak yang unggul dan berhasil," paparnya.

Dijelaskan, bahwa penerima bantuan ternak tersebut tersebar di beberapa distrik dalam kota diantaranya, Distrik Mimika Baru, Wania, Kwamki Narama, Iwaka, Kuala Kencana, dan Distrik Mimika Timur.

"Untuk bantuan tahun ini sebanyak 400 ternak babi untuk 200 calon peternak putra asli daerah," imbuhnya. (Evan Soenarie).

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika