Translate

Redaksi Tabuka News | 04 December 2022

Dinas Koperasi UMKM Genjot Produk Khas Mimika Rambah Pasar Nasional dan Dunia, Plt. Bupati JR Pimpin Percepatan Peningkatan Ekonomi Mimika

 Dinas Koperasi UMKM Genjot Produk Khas Mimika Rambah Pasar Nasional dan Dunia, Plt. Bupati JR Pimpin Percepatan Peningkatan Ekonomi Mimika

Timika, Tabukanews.com – Pemerintah Kabupaten Mimika di bawah kepemimpinan Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob (JR), terus melakukan percepatan peningkatan ekonomi terutama bagi bidang usaha kecil dan menengah (UMKM), sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo di masa pemulihan pasca masa pandemi.

Hal ini sebagaimana diakui Kepala Bidang (Kabid)  Koperasi dan UMKM Kabupaten Mimika, Samuel Yogi, kepada wartawan usai peresmian Ramayana Mall pada Sabtu (03/11/2022).

“Hal itu bisa kita lihat sendiri dari berbagai kegiatan yang menyangkut dengan peningkatan ekonomi dan berbagai kegiatan lain disupport langsung oleh bapak PLT Bupati, ini menunjukan apa yang disampaikan butuh kolaborasi bersama, " ujarnya.

Lagi katanya, semangat luar biasa dari pimpinan daerah dalam hal ini Plt. Bupati JR, maka pihaknya mengupayakan kebangkitan UMKM di sektor ekonomi.

“ Tahun ini capaian kita belum maksimal. Target kita awal tahun 2023 lebih maksimal lagi, salah satunya yakni oleh-oleh dari Timika,  produk-produk lokal kita bisa bangkitkan dan kita harus tentu naik kelas pada tahun 2023-2024," sebutnya.

Ia optimis, dengan menggalakkan program produksi dan pemasaran produk UMKM dari Mimika makan dapat bersaing dengan produk-produk yang ada di luar daerah bahkan sampai ke luar negeri.

"Kenapa emas kita bisa mendunia tapi produk UMKM Kabupaten Mimika tidak mendunia? Untuk itu sebuah perubahan harus dimulai dari kerja keras, kerja nyata,  sesuai visi misi PLT. Semua stakeholder yang ada di Kabupaten Mimika, ayo, mari kita untuk bersatu mendukung UMKM,” harapnya.

Ditambahakan, Dinas Koperasi dan UMKM siap untuk mendukung program dan pengembangan UMKM Kabupaten Mimika, salah satunya kegiatan produk yang bekerjasama dengan para pelaku usaha dan juga PT. Freeport Indonesia.

Ia menghimbau warga masyarakat Mimika untuk bangkit dan bersatu mendukung meningkatkan daya saing, baik untuk tujuh suku begitu juga masyarakat Nusantara, semua bergabung bersatu untuk membangkitkan ekonomi Mimika. 

“231 outlet yang ada, sudah dibuka oleh dinas koperasi bersama asosiasi UMKM Kabupaten Mimika. Salah satunya lagi target kita  ke depan stan bukan hanya dibuka di sini, tetapi bisa dibuka di Jakarta supaya produk-produk ini bisa menjual di pasar domestik hingga internasional, ” tandasnya.(dzy)