Main Area

pesparawi xiii
Klemen Tinal, Wakil Gubernur Propinsi Papua

Main

Dewan Ingatkan Warga Waspada Makanan Kedaluarsa

Timika, TabukaNews com -  DPRD Mimika meminta warga tidak hanya tergiur dengan membeli barang yang diobral dengan alasan sedang promo Lebaran, tapi juga harus dengan jeli mengecek tanggal kedaluarsa, apalagi produk makanan dan minuman.

“Saya minta warga bisa bersikap bijaksana dalam berbelanja, sehingga bisa waspada terhadap bahan makanan kedaluarsa, yang dapat mengancam kesehatan bahkan nyawa manusia,” kata anggota dewan Anthon Bukaleng kepada awak media.l, Selasa (11/5).

Dikatakan di Kota TImika pernah kejadian warga keracunan massal gara-gara makan di acara ulang tahun beberapa waktu lalu. Warga harus mengutamakan kesehatan dan bahkan keselamatan nyawa  ketimbang harga diskon.

Kini dengan maraknya pedagang menawarkan barang jualan, warga di Mimika diminta untuk tidak gelap mata tapi harus bijaksana dalam berbelanja, baik di toko maupun di pasar.

Selain itu Dinas Perindustian dan Perdagangan (Disperindag) Mimika diminta juga untuk menjalankan pengawasan. Bahan makanan kadaluarsa harus langsung dimusnahkah saat ada temuan dan juga oknum pedagang dikenakan sanksi agar timbul efek jera.

“Disperindag juga harus lihat itu, harus perhatikan apa yang menjadi harapan kami di dewan. Demi kepentingan warga di masa hari raya ini,” tegasnya.

Anthon Bukaleng, anggota Komisi C itu menambahkan, seluruh pihak perlu terlibat mengawasi bahan makanan kadaluarsa termasuk warga diminta untuk tidak segan-segan menegur petugas toko apabila kedapatan masih ada barang yang expired alias krdaluarsa serta melaporkan hal ini ke dinas agar ada tindak lanjut terhadap kelalaian pemilik usaha itu.

Selain itu Anthon yang adalah politisi Golkar Dapil pegunungan Mimika itu juga mendesak pemerintah melakukan intervensi agar harga barang di pasar dan toko yang melambung naik, bisa kembali normal di momen Hari Raya Idul Fitri ini, sehingga warga bisa lebih sukacita merayakan Lebaran di rumah. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika