Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Dalam Rangka Pengamanan PSSM, Kapolda-Pangdam Lihat Kesiapan Anggotanya

 

Timika,TabukaNews.com - Dalam rangka pengamanan penerapan Pembatasan Sosial Secara Meluas (PSSM) akan dimulai Kamis (21/5) besok,Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asariba secara langsung berkunjung ke Timika untuk melihat kesiapan para anggotanya. 

Untuk melihat kesiapan para anggota TNI-Polri,Kapolda Papua langsung memimpin apel gabungan dihalaman Kantor Sentra Pelayanan Polres Mimika, Rabu (20/5) sore. 

Dalam apel gabungan tersebut Kapolda memberikan apresiasi kepada anggota TNI-Polri yang selama ini sudah bekerja keras membantu pemerintah daerah terkait dampak covid-19. Apel gabungan tersebut selain dihadiri para perwira menengah TNI-Polri,juga hadir Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob. 

 

"Jadi kami hadir disini untuk cek langsung kesiapan anggota, serta mengecek tentang hasil keputusan bersama pada tanggal 5 Mei 2020 yang lalu. Dan luar biasa rekan-rekan sudah upaya kerja keras dengan sungguh-sungguh," ungkap Kapolda saat memberikan arahan. 

Seusai memimpin apel gabungan,kepada awak media Kapolda mengatakan bahwa terkait pembatasan waktu aktifitas masyarakat itu sudah sesuai dengan keputusan bersama Gubernur Papua dengan unsur forkopimda. 

"Jadi pembatasan waktu aktifitas masyarakat itu mulai dari pukul 06.00 sampai 14.00 wit. Luar biasa ternyata pemerintah daerah dan aparat TNI-Polri disini membantu rekan-rekan dari Satpol PP dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dan diharapkan masyarakat juga semua sepakat menjalankan amanat keputusan itu,"ungkap Kapolda. 

Kata Kapolda, amanat yang sudah diberikan itu diharapkan untuk dijalankan. Hal ini dikarenakan kita sedang menghadapi penyebaran  lewat transmisi lokal.

"Penyebaran transmisi lokal ini artinya penyebaran itu dari kita ke kita,tidak ada orang luar dari papua yang datang lagi. Oleh karena itulah kepentingan keputusan yang sudah diamanatkan oleh Gubernur dan kami di provinsi. Mudah-mudahan diharapkan dijalankan sehingga bisa menghambat penyebaran virus,"kata Kapolda. 

Disampaikan Kapolda bahwa hari ini juga sedang ada rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur di Jayapura, yang kemungkinan besar waktu pembatasan akan berlanjut hingga dua minggu kedepan. Hal ini dikarenakan penyebaran virus transmisi lokal yang terus meningkat. 

"Kita dukung semuanya, ini demi kita semua dan mari kita taati,"ucap Kapolda. 

Kapolda juga menyampaikan kepada anggota yang melaksanakan tugas berjaga-jaga dijalan harus memberikan tindakan tegas. 

"Kalau namanya pembatasan waktu artinya lewat waktu itu harus tegas kecuali ada hal-hal yang mendesak. Kemudian untuk teman-teman seperti dari media, Satgas,perbankan dan juga kami aparat yang bertugas kesana-kemari  dalam membantu masyarakat itu boleh.Tapi yang lain tidak berkepentingan sangat-sangat diharapkan tinggal di rumah,"ujarnya.

Sementara ditambahkan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asariba, bahwa terkait dengan pembatasan itu sudah dimulai sejak tanggal 29 Maret hingga berlanjut hari ini. 

"Hari ini juga ada rapat dan nanti tetap pemerintah provinsi akan memperpanjang pembatasan sampai dengan tanggal 4 JuniJuni.Artinya kita melakukan ini adalah data-data yang memberikan gambaran bagi pemerintah daerah maupun tim gugus covit Provinsi Papua dengan peningkatan kondisi penyebaran covid di wilayah Papua yang mulai tinggi,"kata Pangdam.

Menurut Pangdam, apabila dibandingkan dengan negara-negara Asean lainnya seperti Malaysia, Singapore dan Cina yang penyebaran naik turun. Tetapi di Indonesia meningkat terus. 

"Di Papua yang meningkat ini adalah di Timika dan Jayapura,oleh karena itu saya menghimbau kepada saudara-saudara saya sesama warga Papua mari kita mencegah mengurangi penyebaran covid dengan menjalani dan menghormati kebijakan pemerintah," ungkap Pangdam. (Tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika