Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Covid-19 Mimika Terus Bertambah : 79 sembuh, 118 Masih Dirawat

 

Timika,TabukaNews.com  –  Hingga hari ini, Senin (25/5/20), Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Mimika, melaporkan penambahan enam kasus baru positif Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di Mimika, sehingga secara kumulatif berjumlah 201 kasus. 

“Penambahan 6 kasus baru yang terkonfirmasi dengan pemeriksaan PCR oleh tim laboratorium RS Tembagapura. dari 6 kasus baru tersebut sebanyak 4 kasus dari RS Tembagapura dan 2 kasus dari RSUD Mimika.” Jelas Juru Bicara Covid-19 Mimika, Reynold Ubra. Senin malam

Menurutnya, dari kumulatif 201 kasus bila dilihat menurut sebaran distrik, kasus yang ditemukan di Distrik Tembagapura : 125 kasus, Distrik Mimika Baru : 38 kasus, Distrik Wania 30 kasus dan 8 kasus di Distrik Kuala Kencana. 

“gambaran ini menunjukkan bahwa kasus di distrik kuala kencana beranjak dari zona kuning menjadi zona merah dengan pola transmisi lokal yang didominasi oleh klaster surabaya yaitu 7 kasus.” Ujarnya.

Sementara bila ditinjau menurut jenis kelamin maka dari 201 kasus 77 % didominasi oleh laki-laki dan 23 % perempuan. selain itu pula bila ditinjau jumlah kasus menurut jenis kelamin yang terdistribusi di 4 distrik maka distrik mimika baru dan distrik wania jumlah kasus paling banyak ditemukan pada perempuan dibandingkan laki - laki. 

“Berbeda dengan Tembagapura dari 125 kasus lebih banyak didominasi oleh laki - laki dibandingkan perempuan. sementara di distrik kuala kencana jumlah laki-laki dan perempuan sebanding yaitu 4 laki-laki dan 4 perempuan. ” jelasnya. 

Sehingga dengan data ini memberikan gambaran bahwa pada populasi yang lebih didominasi oleh laki - laki maka kelompok yang rentan terinfeksi covid19 adalah laki-laki sedangkan pada populasi dimana jumlah laki-laki hampir berimbang maka baik laki-laki maupun perempuan memiliki resiko yang sama untuk tertular.

Sementara itu, pada tanggal 24 mei 2020 lalu, RS Tembagapura melaporkan 13 pasien covid19 sembuh sehingga jumlah kumulatif pasien sembuh di kabupaten Mimika sebanyak 79 orang diantaranya 66 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. 

“pasien sembuh jika dilihat dari 201 kasus menurut distrik maka hampir separuh pasien di distrik Tembagapura telah dinyatakan sembuh (62 orang atau 49 %) sementara untuk distrik mimika baru dari 38 kasus baru 6 orang pasien covid yang dinyatakan sembuh, “ jelasnya. 

Sedangkan di distrik wania dari 30 kasus hanya 10 orang yang dinyatakan sembuh. kuala kencana dari 8 kasus baru 1 orang yang dinyatakan sembuh.

Sehingga secara kumulatif pasien sembuh di Kabupaten Mimika memberikan kontribusi hampir separuh di provinsi papua yaitu 44 % dari 178 pasien yang sembuh di provinsi papua.

Bila diliohat dari usia rata-rata pasien yang sembuh adalah 44 tahun sedangkan usia termuda pasien yang sembuh adalah 22 tahun (1 orang) dan usia tertua dari pasien sembuh adalah 68 tahun (1 orang) di RS tembagapura.

“Pada hari ini tidak ada pasien yang dilaporkan meninggal.” Ujar Reynold.

Menambahkan di hari senin 25 mei 2020 pasien yang masih dirawat berjumlah 118 orang yang dirinci menurut distrik yaitu distrik tembagapura 61 orang, distrik mimika baru 32 orang, distrik wania 18 orang dan distrik kuala kencana 7 orang. dari 55 pasien di RSUD Mimika 21 orang covid-19 dengan gejala ringan menjalani perawatan di shelter.

“Dari 118 pasien covid19 yang dirawat di 3 rumah sakit, jumlah pasien rsud mimika dan rs tembagapura tidak berbeda jauh , RS Tembagapura 60 orang, RSUD Mimika 55 orang sedangkan RSMM 3 orang.” Ungkapnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika