Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Bupati Mimika Sebut, Hasil Rapid Test 110 Orang Positif

 

Timika,TabukaNews.com – Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyebutkan dari 300 orang yang telah melakukan Rapid Test atau tes cepat Covid-19 selama dua hari lalu, sedikitnya 110 sampel dinyatakan positif namun masih menunggu hasil pemeriksaan sampel Swab dari Jayapura untuk memastikan hasil selanjutnya.

Sebagian besar yang melakukan pemeriksaan adalah petugas yang selama ini menjadi garda terdepan dalam memerangi penularan Virus Corona di Mimika dalam membantu aksi penutupan ruas jalan utama di kota Timika.terdiri dari para petugas lapangan, pengawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan anggota Kepolisian Sektor Mimika Baru. 

“Dari 300 yang telah melakukan rapid test awal, sebanyak 110 dinyatakan positif sesuai hasil Rapid test, dan tinggal kita ambil sampel swab untuk bisa dikirim ke Jayapura untuk memastikan berapa yang positif Covid-19 di Kabupaten Mimika, “ Terang Bupati Eltinus Omaleng,SE, MH kepada wartawan usai Rakor penanganan Covid-19,  Senin (27/4/20) di Hotel Mozza. 

Dengan adanya hasil 110 orang yang dinyatakan positif maka, Bupati Mimika mengambil langkah cepat terutama dalam mengantisipasi penyebaran dan meningkatnya angka kasus hasil positif satu atau dua hari kedepan.

“Kita mengantisipasi 110 positif sesuai hasil rapid test kemarin, apakah nanti hasil pemeriksaan swab yang dikirim ke Jayapura 110 semua positif atau berapa persen dari 110 itu yang kita bicarakan. “ Ujar Omaleng. 

Menambahkan, pada kesempatan itu juga membicarakan tentang karantina yang akan dilakukan kepada 100 orang tersebut apabila hasil sweb apakah tetap 110 atau dikurangi 20 persen kita tetap antisipasi setelah ada hasil dari jayapura, pemda akan segera cari solusi untuk isolasi. 

“Untuk menampung 110 positif ini di shelter itu sudah tidak cukup karena ada 11 kamar yang perlu direnovasi sehingga kita membahas agar segera diperbaiki.” Teranya.

Pasalnya untuk menampung seluruh pasien nantinya tidak cukup sehingga dalam rapat koordinasi untuk mencari solusi untuk mengambil langkah alternative  salah satunya fasilitas milik YPMAK dan Mimika Sport Compleks. 

“Kalau 110 positif dari Jayapura, maka satu satunya cara kita akan menggunakan MPCC dan MSC,” terang Bupati.

Sementara untuk Tembagapura, Bupati mengakui bahwa  di area PT Freeport Indonesia yang positif hasil rapid test berjumlah 85 orang dan semua dinyatakan positif, dan akan menunggu hasil sampel yang di kirim ke Jayapura.

“Di Tembagapura 85 positif hasil rapid Test dan saat ini sedang melakukan isolasi di tiga barak yang ada, namun itu belum safety,” ujar Bupati. 

Menambahkan, yang dimaksud tidak Safety, Omelang menjelaskan walaupun sudah di isolasi tapi masih tidak aman karena masih bercampur dengan karyawan yang diduga masih negatif. Karena itu, pihaknya akan mengundang manajemen PT Freeport Indonesia secepatnya duduk bersama membahas langkah langkah apa yang akan diambil selanjutnya guna mencegah penyebaran covid -19 di Areal tembagapura. 

Bupati mengingatkan kepada seluruh masyarakat karena adanya empat zona merah penyebaran coronavirus di Kabupaten Mimika, yaitu Distrik Kuala Kencana, Distrik Mimika Baru, Distrik Tembagapura dan Distrik Wania yang padat jumlah penduduknya, sehingga warga yang tinggal  area zona merah ini untuk tinggal dirumah.

“Kalau tidak ada urusan penting lebih baik tinggal dirumah. Waspada, jaga istri, jaga anak, jaga keluarga  serta selalu mencuci tangan dan pola hidup sehat diruamh,” pintanya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika