Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Bantu Covid 19, Pemda Mimika Ijinkan Meskapai Garuda Beroperasi

 

Timika, TabukaNews.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, kini membuka pelayanan penerbangan namun hanya untuk meskapai Garuda Indonesia untuk mengangkut peralatan kesehatan. berupa Alat Pelindung Diri dan obat obatan termasuk Riped tes dari Jakarta. 

Dikatakan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, setelah meminta persetujuan dari Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), juga menteri dalam negeri untuk membantu dalam mendukung pengiriman peralatan kesehatan milik Kabupaten Mimika. 

“Mulai tanggal 4 April,  cargo dan lain lain itu kita pakai garuda, jadi kesempatan ini orang yang mau keluar silakan  tidak dibatasi, tetapai orang dari luar yang datang ke timika, tetap dibatasi mungkin keluarga kita yang disana silakan tapi munrni penduduk mimika,  namun ikut aturan isolasi selama 14 hari.” Ujar Omelang, Jumat (3/4/20). 

Kebijakan yang dilakukan pemda Mimika ini untuk menenuhi kebutuhan kesehatan di kabupaten Mimika dalam menangani covid -19 di Mimika berupa alat kesehatan, karena selama ini mimika dilayani melalui BUMN yang menangani, belanja kemudian kirim ke provinsi  sehingga untuk kebutuhan di Kabupaten terlambat kadang juga tertahan  di provinsi . 

“Maka kami Timika tidak mau, jadi  mengambil langkah sendiri sehingga pengiriman dari pusat langsung ke timika,” jelasnya.

Menurutnya, sebelumnya pemerintah pusat sudah memutuskan untuk transportasi udara dibantu TNI, namun pesawat milik TNI itu tidak hanya melayani di timika saja sehingga diambil kebijakan dengan meminta bantuan kepada meskapai Garuda untuk bisa membawa barang ke timika. 

Untuk sementara meskapai Garuda, untuk meskapai yang lain akan disesuaikan apabila kondisi ini sudah tertangani di kabupaten Mimika. Sehingga apabila seluruh kasus virus corona di timika cepat ditangani maka secara bertahap jalur penerbangan akan dibuka, namun petugas kesehatan dan lainnya tetap siaga di bandara. 

“pelayanan itu hanya hari hari tertentu, bisa seminggu satu kali, kalau banyak barang bisa dua kali, penduduk timika yang mau balik silakan, kesehatan tetap stand by di bandara.” Ujar Omaleng. 

Untuk warga mimika yang baru datang dari luar timika, tetap melakukan isolasi diri selama 14 hari di shelter, setelah itu baru bisa kembali ke rumah. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika