Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng
robby omaleng

Main

Antusias Warga Padati Reses Drs Tanzil Azhari Anggota DPRD Mimika

Timika,TabukaNews.com - Anggota DPRD Mimika Drs Tanzil Azhari dari Partai Gerindra melaksanakan reses tahap I Tahun 2021 di Daerah Pemilihan (Dapil) I, Kamis (1/4), untuk menampung aspirasi masyarakat.

Kegiatan diadakan di belakang Hotel Serayu Kelurahan Koperapoka, Distrik Mimika Baru,  dihadiri Kepala Kelurahan Linus Dolame, Ketua RT 03, Paulina dan warga.

Dalam kegiatan reses ini, Rudi, warga RT O3 menyoroti masalah kebersihan lingkungan.

Ia meminta adanya wadah khusus yang dipakai sebagai tempat pembuangan sampah sementara. Selain itu ia juga meminta agar kendaraan tiga roda difungsikan  mengangkut sampah warga.

"Kita di Kelurahan Koperapoka hanya mendapatkan satu unit kenderaan roda tiga untuk mengangkat sampah namun kenderaan itu sudah rusak,"ujarnya.

Bukan hanya masalah kebersihan, Rudi juga menyoroti masalah bantuan pemerintah seperti beras miskin (Raskin) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang belum sepenuhnya menyentuh langsung warga kurang mampu. 

"Ini masalah yang kami hadapi disini. Kami minta Pak Tanzil Azhari sebagai anggota DPRD dari daerah pemilihan (Dapil)  1 mendengar aspirasi ini dan dilanjutkan kepada Dinas Sosial dan DLH agar jadi perhatian mereka," harap Rudi.

Ia juga mengusulkan agar pihak distrik dan kelurahan bersama warga membangun Pos Peka seperti yang telah dilakukan oleh kampung dan kelurahan lainnya demi menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Masalah keamanan ini juga penting, kita bersyukur di Kelurahan Koperapoka saat ini sudah mulai baik. Dimana sekarang sudah ada Pos Peka (pos peduli keamanan) ini juga untuk menekan angka kriminal di Timika terlebih khusus di Kelurahan Koperapoka,"ujarnya.

Sementara itu,Paulina Ketua RT 03 Koperapoka menyoroti masalah kendaraan roda tiga yang digunakan untuk mengangkut sampah karena Kelurahan Koperapoka hanya mendapatkan satu kendaraan itupun sudah rusak.

"Kita harap agar kalau bisa hal ini diperhatikan da bisa ditambah kendaraan sampah," pintanya.

Selain itu dirinya meminta agar dua jalan di Kelurahan Koperapoka yang saat ini belum diaspal agar hal ini diperhatikan oleh pemerintah.

Dari sejumlah aspirasi, saran dan masukan yang disampaikan, mengutip pernyataan Tanzil Azhari terkait persoalan BLT, sampah dan perumahan untuk warga kurang mampu.

Tanzil mengatakan masalah warga yang tidak diakomodir dalam bantuan pemerintah terutama BLT, letak kelemahannya ada pada data penerima manfaat di Dinas Sosial.

Ia akan meminta instansi terkait agar ke depan memperbaikinya sehingga keakuratan data base dapat di pertanggungjawabkan dan harus dimulai dari pemerintah tingkat bawah.

"Saat melakukan pendataan harus akurat agar bisa mengakomodir seluruh masyarakat sehingga data yang di kirim ke pusat ada, nama mereka yang berhak dapat. Kemarin sudah ada sensus, data itulah yang harus dipakai," tegasnya.

Tanzil  juga mengatakan bahwa masalah sampah adalah masalah semua orang, baik pemerintah maupun masyarakat..

Menurutnya, dalam pengelolahan sampah juga seharusnya melibatkan pemerintah tingkat bawah seperti RT hingga kelurahan.

"Ini perlu diberdayakan kembali. Karena jumlah penduduk terus bertambah maka otomatis volume sampah juga bertambah. Saya akan sampaikan ke dinas teknis supaya bekerjasama dan memberdayakan kembali para RT," ujarnya. 

Terkait dengan permintaan tambahan kendaraan roda tiga untuk dipakai mengangkat sampah pihaknya akan berkoordinasi dengan OPD terkait.

"Kita di Dapil 1 ini ada beberapa anggota DPRD nanti kita akan koordinasi terkait dengan keluhan warga. Alhamdulilah ada tiga poin dan ini akan dikerjakan dalam tahun anggaran 2021,"ujarnya. (Markus)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika